PANGKALAN KERINCI, GORIAU.COM - Bupati Pelalawan HM Harris segera meresmikan proyek yang dilaksanakan melalui Program Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) pada tahun anggaran 2012. Proyek tersebut tersebar di 6 kecamatan.

Puncak peresmian kegiatan akan dipusatkan di Desa Segati Kecamatan Langgam. "Insya Allah, Pak Bupati sendiri yang akan meresmikan agenda tersebut. Rencananya peresmian itu akan digelar pada akhir Februari ini tepatnya pada 27-28 mendatang di Desa Segati Kecamatan Langgam," jelas Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Pelalawan Drs H Zamhur Das, Minggu (17/2/2013).

Zamhur menjelaskan bahwa beberapa hasil kegiatan PMPM-MP pada tahun 2012 lalu yang sudah rampung dilaksanakan mencakup kegiatan fisik pembangunan infrastruktur maupun non fisik yang telah dilaksanakan di 6 kecamatan yakni di Kecamatan Langgam, Pangkalan Kerinci, Pangkalan Lesung, Pangkalan Kuras, Kerumutan dan Kecamatan Kuala Kampar.

"Total penggunaan anggaran PNPM-MP tahun 2012 lalu sebesar Rp6,6 miliar yang merupakan budget sharing dari pemerintah pusat sebesar Rp3,6 miliar dan APBD Pelalawan Rp3 miliar. Sedangkan beberapa kegiatan yang dilaksanakan melalui anggaran tersebut yakni, kegiatan simpan pinjam untuk perempuan 25 kelompok, sarana prasarana 23 paket, pelatihan peningkatan kapasitas 3 paket dan 6 paket untuk pemberian honor guru," bebernya.

Untuk PNPM MP di Kabupaten Pelalawan ini, sambungnya, diawali dengan program pengembangan kecamatan (PPK) sejak 1998 lalu, kala itu Pelalawan masih menjadi bagian dari Kabupaten Kampar. Dari data hasil pembangunan melalui PMPM-MP, khusus tahun 2012 telah merampungkan pembangunan jalan maupun rabat beton sepanjang 13.250 meter dan total sampai saat ini telah dibangun sepanjang 73.665 meter di seluruh kecamatan di Kabupaten Pelalawan.

"Selain itu, pada anggaran tahun lalu itu juga telah dibangun sebanyak 4 unit los pasar sehingga keseluruhannya 8 unit. Tidak hanya los pasar, dengan program ini juga telah dibangun 2 unit jembatan pada anggaran 2012 dan total jembatan yang sudah dibangun ada 11 jembatan. Tentunya jembatan ini sangat diharapkan masyarakat dan saat ini sudah dimanfaatkan," ungkapnya.

Sedangkan di daerah perairan, lanjutnya, telah pula dibangun sandaran atau tambatan perahu penyeberangan sebanyak 7 unit, dan khusus pada tahun 2012 lalu juga telah kembali dibangun 1 unit. Kegiatan pembangunan infrastruktur lainnya yang menggunakan anggaran dari PNPM-MP ini yakni pembangunan drainase dan gorong pada tahun 2012 lalu sepanjang 2.690 meter dan totalnya 13.825 meter sejak program ini dilaksanakan.

"Program ini juga telah menerangi sejumlah desa melalui kegiatan pembangunan listrik desa hingga saat ini sudah dibangun sebanyak 7 unit. Bahkan dibidang pendidikan, sampai saat ini telah dibangun sebanyak 38 unit gedung atau lokal sekolah baik dari TK,SD/MDA, SMP/MTs maupun SMA," ujarnya.

Tahun 2012 lalu, masih kata Zamhur, telah kembali dibangun 3 unit dan 26 unit gedung pos yandu, Poskedes, dan Pustu serta satu unit gedung serba guna. Program tersebut juga merambah ke penyediaan air bersih untuk masyarakat dengan membangun 4 unit sumur bor dan jaringannya.

"Dan saat ini semua pembangunan itu telah dinikmati oleh masyarakat. Sedang kegiatan non fisik diantaranya pemberian honor guru tahun 2012 lalu sebanyak 66 guru, dan hingga saat ini total 239 guru. Dan juga kegiatan pelatihan masyarakat sebanyak 336 orang, khusus anggaran 2012 lalu sebanyak 119 orang," katanya.

Dikatakannya, PNPM-MP ini juga memberikan beasiswa yang saat ini telah diterima sebanyak 60 pelajar. Bahkan telah pula disalurkan bantuan untuk insentif tenaga kesehatan sebanyak 75 tenaga kesehatan serta pemberian satu paket kesehatan. Sedangkan alokasi anggaran PNPM-MP tahun 2013 mendatang, Zamur mengatakan, Pemkab Pelalawan telah mengusulkan alokasi anggran program tersebut sebesar Rp 10 milyar.

"Selain dinilai berhasil menyentuh kebutuhan masyarakat, penambahan anggaran diperlukan untuk menampung usulan yang belum terakomodir pada tahun sebelumnya. Anggaran tersebut bersumber dari APBD Pelalawan sebesar Rp8 miliar dan sharing dana dari pusat sebesar Rp 2 miliar.

Ditambahkannya, Selaku leading sektor dalam kegiatan ini, tentunya BPMPD sangat berharap dukungan dari semua pihak agar program ini dapat terlaksana dengan baik dan anggaran terkait bisa bertambah. (ilm)