PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai merancang dan menyusun untuk kebutuhan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Ini dilakukan setelah dipastikannya Pelalawan ikut Pilkada serentak Desember 2015.

"Berdasarkan rancangan sementara, pada bulan April nanti kita sudah memulai tahapan Pilkada," terang Ketua KPU Pelalawan, Nasaruddin US, Minggu (1/3/2015).

Dijelaskan Nasaruddin, diantara tahapan itu seperti pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan Kelompok Penyelenggaran Pemungutan Suara (KPPS).

"Tentunya ini akan kita susul dan dilanjutkan ke tahapan-tahapan selanjutnya, seperti biasa pelaksanaan Pilkada. Kita tetap mengacu pada PKPU," tandasnya.

Jelasnya lagi, pihaknya juga telah melakukan kalkulasi terhadap dana yang dibutuhkan untuk Pilkada. Perhitungan sementara, Pilkada akan menelan anggaran hingga Rp 20 Miliar lebih, untuk satu putaran pemilihan seperti amanah UU Pilkada.

"Sebelumnya KPU merencanakan dana Rp 25 miliar, maka angka itu untuk dua putaran," bebernya.

Nasaruddin menegaskan, persiapan Pilkada akan semakin jelas jika PKPU telah keluar. Dan dimana untuk pendanaan KPU Pelalawan akan mengusulkan pada APBD Perubahan.(***)