PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM - Akademi Komunitas Negeri Pelalawan (AKNP), melakukan Studi Banding (Stuban) ke Pembangkit Listrik Tenaga Biogas PLT Biogas Desa Rantau Sakti, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), untuk berapa mahasiswa jurusan Teknik Elektro Industri.

"Ini untuk jurusan Tehnik Elektro Industri AKNP, tujuannya agar dapat melihat langsung, seperti apa proses kerja dari sistem pembangkit listrik," terang Direktur AKNP Drs Mukhtarius, melalui Wadir III bidang Akademik, Yullidya Fitri, S.Si, M.Pd, Sabtu (25/4/2015).

Diharapkan, lanjut Yullidya, hasil stuban yang dilakukan dapat diaplikasikan pada kegiatan mata kuliah yang ada di kampus.

Alasan dipilihanya PLT Biogas di Kabupaten Rokan Hulu menjadi tujuan stuban, menurut Yullidya, PLT Biogas merupakan pilot project pemanfaatan limbah cair sawit (POME), untuk pembangkit listrik pedesaan dengan daya sebesar 1 Megawatt.

"Sehingga diharapkan hal tersebut dapat diaplikasikan pada kegiatan mata kuliah yang ada di kampus kita," tandasnya.

Selain itu, sambungnya, dengan adanya kunjungan industri ini juga ke depannya diharapkan para mahasiswa dan dosen dapat melakukan penelitian lanjutan.

"Untuk membuat sebuah PLT Biogas, di Pelalawan banyak memiliki sumber daya alamnya. Artinya, bukan tak mungkin ke depannya kita bisa membuat PLT biogas ," ujarnya.

Ditambahkannya, ke depan AKNP akan menjajaki peluang untuk mengadakan stuban sekaligus workshop untuk para dosen AKNP ke PLT Biogas Rohul guna lebih menggali potensi pengembangan keilmuan dan teknologi yang merupakan acuan untuk mengembangkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.(***)