PEKANBARU, GORIAU.COM - Walikota pekanbaru H.Firdaus,ST.MT secara resmi membunyikan serenei tanda dimulainya Pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD ) Type C Kota Pekanbaru di Jalan Garuda Sakti, Kelurahan Simpang Baru, Kecamatan Tampan, Kamis (26/3/2015). 

Kegiatan ini dihadiri juga oleh anggota Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru, kepala dinas Kota Pekanbaru, camat se-kota Pekanbaru, lurah simpang baru dan himpunan ketua pemuda kecamatan tampan serta ketua RW dan RT wilayah kelurahan simpang baru.

Walikota Pekanbaru H.Firdaus,ST.MT menyampaikan bahwa pembangunan rumah sakit umum daerah RSUD) type C Kota Pekanbaru bertujuan agar menjadi rujukan daerah dari seluruh Puskesmas se-kota Pekanbaru. Karena selama ini rumah sakit umum daerah (RSUD) Arifin Ahmad dijadikan sebagai rujukan oleh seluruh Puskesmas daerah, rumah sakit swasta dan klinik yang ada di Kota Pekanbaru sehingga pada tahun 2013 ketika Menteri Kesehatan RI menyerahkan SK RSUD Arifin Ahmad sebagai rumah sakit pendidikan maka menteri kesehatan mengatakan jangan dijadikan RSUD Arifin Ahmad sebagai puskesmas besar.

''Oleh karena itu pemerintah Kota Pekanbaru pada tahun 2015 ini memulai untuk membangun rumah sakit umum daerah (RSUD) type C Kota Pekanbaru dengan konsep green hospital artinya rumah sakit yang ramah lingkungan, asri dan nyaman sehingga pasien tidak merasa berada di rumah sakit.

Pemerintah Kota Pekanbaru mempunyai konsep untuk kesehatan 70 persen promotif dan preventif, 30% untuk kuratif sehingga masyarakat Kota Pekanbaru memiliki pemahaman tentang menjaga kesehatan melalui program dinas terkait. Pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Type C Kota Pekanbaru ini sangat diperioritaskan untuk masyarakat menengah ke bawah. (rls)