PEKANBARU- Memasuki hari kelima Konggres HMI XXIX di Pekanbaru, Riau, berbagai upaya pengamanan telah dilakukan pihak Kepolisian Resor Kota (Polresta) Pekanbaru. Termasuk memberikan konsumsi berupa nasi bungkus untuk ribuan rombongan liar (romli) asal Kota Makassar, sebagai upaya menghindari kerusuhan. Namun sayangnya sampai saat ini pihak Kepolisian belum mendapat ganti talangan dana konsumi, seperti yang dijanjikan oleh Pemerintah Provinsi Riau.

Terkait hal tersebut Wakapolresta Pekanbaru AKBP Sugeng Putut Wicaksono kepada GoRiau.com mengatakan, bahwa dua hari setelah kerusuhan, semua konsumsi sudah diambil alih oleh pihak Panitia dan Pemerintah Provinsi Riau."Masalah dana talangan untuk konsumsi saya belum tahu sudah diganti apa belum, kita berharap pihak Pemerintah baik Provinsi maupun Kota bisa menggantinya," ungkap Wakapolresta Pekanbaru AKBP Sugeng Putut Wicaksono, Jumat (27/11/2015) malam.

AKBP Sugeng juga menjelaskan saat ini pihak Kepolisian masih tetap fokus pengamanan sampai Konggres HMI XXIX selesai. "Masalah konsumsi ntar saja, saat ini kita masih fokus untuk pengamanan sampai acara ini rampung, mudah-mudahan aman, tertib dan lancar," tukasnya.

Sementara itu Kabag Humas Pemprov Riau Darusman, saat dikonfirmasi hal tersebut dengan singkat hanya menjawab tidak tahu. " Aku mana tahu masalah ini, tanya ke Panitia HMI lah," ungkap Darusman.

Sebelumnya diberitakan, ribuan massa kongres Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) di Pekanbaru, Provinsi Riau, cukup menyulitkan aparat kepolisian. Kenapa tidak, selain mengamankan keberlangsungan kegiatan, kepolisian kini dapat tugas baru, yakni memberi makan ribuan peserta.

Informasi yang dirangkum GoRiau.com, Minggu (22/11/2015) siang, Kepolisian Resor Kota (Polresta) Pekanbaru harus memesan makanan untuk peserta Romli (Rombongan Liar) HMI sebanyak 2.000 bungkus. 1.500 bungkus untuk para peserta, dan 500 bungkus untuk aparat TNI dan polisi.

"Kita sudah koordinasi dengan Pemprov Riau, kami diminta untuk menalangi terlebih dahulu. Begitu kesepakatan lisannya," ujar Wakil Kepala Kepolisian Resor Kota Pekanbaru, AKBP Sugeng Putut Wicaksono, saat berbincang dengan GoRiau.com, di Purna MTQ, Minggu siang. ***