PEKANBARU - Cewek kelahiran Pekanbaru, Provinsi Riau ini, selalu tampil memukau setiap berada diatas panggung untuk menghibur penonton. Tidak jarang penonton yang menyaksikan aksinya selalu berdecak kagum, pasalnya cewek biasa dipanggil Yaya ini, selain suaranya yang merdu juga selalu tampil atraktif dan enerjik.

Yaya yang lahir di Pekanbaru, 4 Juli 1991ini, memutuskan untuk serius berkarier di jalur musik, sejak bergabung dengan band lokal Makachi, sekitar lima tahun yang silam.

"Aku memilih bermusik karena bisa menyalurkan bakat yang ada didalam jiwa aku. Dengan band aku ngerasa lebih seru aja daripada bernyanyi solo," ujar Yaya kepada GoRiau.com, Minggu (29/11/2015).

Baginya, dunia musik bukanlah hal yang baru. Dunia tersebut sudah dikenalnya sejak dia kecil, apalagi sang ibu juga dikenal sebagai penyanyi disalah satu gereja di Pekanbaru.

Dengan latar belakang dilingkungan musisi, menjadi kebanggan tersendiri bagi Yaya. Apalagi bisa mengikuti jejak sang ibu. Dirinya serius menggeluti musik sejak dibangku sekolah menangah pertama (SMP), namun saat sudah di SMA, barulah Yaya bergabung dengan band.

Cewek yang juga menjalani profesi sebagai model brand baju ternama ini, sudah merasa klop dengan Makachi Band karena permainan musiknya dianggap sealiran. Dimana Makachi selama ini mengusung genre pop alternatif walaupun terkadang juga memainkan pop rock.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/29112015/dan1jpg-3404.jpg

Keseriusan di dunia musik makin ditunjukkannya saat berkuliah di Jurusan Sastra Inggris Persada Bunda Pekanbaru. Bahkan ia rela break sejenak dari kuliahnya demi mengembangkan karir musiknya tersebut.

"Sekarang aku memang memilih bermusik. Makanya sekarang istirahat dulu kuliahnya. Aku pengen banget serius berkarier di industri musik," ujar bungsu dari tiga bersaudara itu.

Sebagai vokalis, Yaya mengidolakan vokalis Band Paramore, Hayley Williams. Yang sering menginspirasi dirinya saat beraksi di panggung, iapun beraksi layaknya vokalis band rock asal Amerika Serikat itu. "Aku mengidolakan dia. Makanya aksi panggung, style dan fashion aku adaptasi dari dia," ungkapnya.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/29112015/dan2jpg-3403.jpg

5 tahun bersama personil Makachi Band, sudah banyak prestasi yang mereka capai, bahkan Makachi band sudah menjuarai berbagai audisi dan saat ini sedang proses menunggu hasil rekaman singel hits perdananya bersama La Voice yang bekerjasama dengan Alfa Record Jakarta.

Makachi Band sendiri sudah ratusan kali tampil sebagai band pembuka setiap ada konser atau iven band-band ibukota seperti Ungu, Noah, The Changcuters dan band lainya. Makachi memilki arti dalam bahasa Indonesia "terimakasih", dipilihnya nama tersebut menurutnya agara terdengar unik dan mudah diingat oleh banyak," ujar Yaya.

Penampilan Yaya dan Band Makachi yang terbaru adalah sebagai band pembuka konser yang bertajuk Class Sound Sation di Purna MTQ bersama band The Cangcuters, Sabtu (28/11/2015) malam.***