PEKANBARU, GORIAU.COM - Walikota Pekanbaru, H. Firdaus, ST MT mengatakan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan bagian terpenting dalam mewujudkan kota metropolitan madani. Dimana, sangat dibutuhkan masyarakat yang sehat jasmani dan rohani.

"Pembangunan SDM ini, ujung tombaknya adalah memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat," ujar Firdaus saat memberikan sambutan pada acara sosialisasi BPJS Kesehatan untuk PNS dan non PNS di lingkungan Pemko Pekanbaru, Rabu (27/8/2014) di Hotel Pangeran.

Pemko Pekanbaru, kata Firdaus, memiliki tiga pendekatan untuk mewujudkan masyarakat yang sehat. Langkah tersebut dimulai dari mengajak diri sendiri, lingkungan dan masyarakat untuk memahami, mengerti dan mengimplementasikan pola hidup sehat.

"Pemahaman ini kita mulai dalam bentuk edukasi kepada masyarakat," kata Firdaus. Pendekatan promotiv dan preventif dinilai sangat efektif untuk mewujudkan masyarakat yang sehat. Namun, jika pendekatan itu tidak bisan tentu akan dilakukan pendekatan kuratif.

"Tentunya, pendekatan kuratif ini memakan biaya yang besar. Sebab, akan merujuk pada tindakan medis," ujar Firdaus.(san)