PEKANBARU - Walikota Dr. H. Firdaus, MT mengatakan, Usaha Ekonomi Kelurahan-Simpan Pinjam (UEK-SP) merupakan program nyata Pemerintah Kota Pekanbaru dalam memberantas kemiskinan mulai dari tingkat bawah.

Hal itu disampaikan Walikota saat menghadiri kegiatan Musyawarah Kelurahan Pertanggungjawaban Tahunan (MKPT) UEK-SP Fajar Kelurahan di Halaman Kantor Kelurahan Muara Fajar, Kecamatan Rumbai, Selasa (09/02/2016).

"UEK-SP merupakan perwujudan nyata dari upaya penanggulangan kemiskinan serta dapat menjadi peningkatan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat. Dengan pengelolaan yang baik tentunya akan berjalan dengan lancar," kata Walikota Firdaus.

Walikota mengingatkan agar pengelolaan UEK-SP ini mampu meningkatkan usaha Mikro Kecil, sehingga dapat meningkatkan taraf perekonomian masyarakat, khususnya di lingkungan Kelurahan Muara Fajar.

Dikatakan, UEK-SP Fajar Kehidupan merupakan yang terbaik dari 58 kelurahan dengan usaha yang dilakukan anggota serta koordinator terbukti total pengembalian 99 persen.

"Artinya total kepercayaan masyarakat semakin tinggi, tentunya hal ini adalah prospek yang sangat bagus dalam kemandirian dan daya saing terutama dalam menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi Asia) mendatang," ungkap Walikota.

Sebelumnya, Camat Rumbai Zulhelmi SSTP dalam sambutan mengatakan, UEK-SP Fajar Kehidupan yang dikelola masyarakat Kelurahan Muara Fajar diharapkan dapat membantu masyarakat.

"Sehingga kita semua dapat menciptakan masyarakat madani sejahtera dalam mendukung visi Kota Pekanbaru menjadi Kota Metropolitan yang Madani," ujarnya.

Pada Kesempatan tersebut Walikota juga menyerahkan bingkisan serta tas kelengkapan sekolah bagi keluarga kurang mampu. Turut hadir, Koordinator UEK-SP serta anggota, Asisten II Bidang Perekonomian, Kepala Dinas, Kepala Bagian, Lurah se-Kecamatan Rumbai serta masyarakat pengelola dan penggguna UEK-SP. (adv)