PEKANBARU, GORIAU.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau memastikan pembangunan Tol Pekanbaru-Dumai akan dimulai dalam tahun ini. Peletakan batu pertama rencananya akan dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) Oktober 2015 mendatang.

Asisten II Setdaprov Riau, Masperi, mengatakan, sejauh ini, koordinasi terus dilakukan bersama pihak terkait. Salah satunya Badan Pertanahan Nasional (BPN) Riau. Dimana BPN akan bertindak mengukur lahan yang akan dibebaskan.

"Oktober 2015 Ground Breaking Tol Pekanbaru-Dumai, rencananya langsung dilakukan oleh Pak Presiden," kata Masperi di Pekanbaru.

Disampaikannya, hasil ukur lahan yang dilaksanakan BPN nantinya akan dilaporkan kepada Kementerian Pekerjaan Umum. Mengenai anggaran sendiri, Pemerintah Pusat sejak awal sudah menganggarkannya.

"Tinggal kelanjutan pembebasan lahan saja," sambung Masperi.

Sejauh ini, baru 7 kilometer dari 126 kilometer lahan yang akan dibebaskan untuk pembangunan jalur Tol Pekanbaru-Dumai. Berdasarkan hasil pertemuan dengan Kementerian PU beberapa waktu lalu, minimal 30 kilometer lahan harus dibebaskan untuk memulai pengerjaannya.

Kendala terbesar yang masih dihadapi Pemprov Riau dalam pembebasan lahan Tol Pekanbaru-Dumai saat ini adalah belum disahkannya Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Provinsi Riau.***