JAKARTA- Terkait pelantikan Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman untuk menggantikan Gubernur Riau non aktif Annas Maamun, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengaku masih menunggu salinan putusan kasasi dari MA.

"Sudah tidak sabar ya punya Gubernur baru, santai saja nanti pasti kita lantik definitifnya begitu saya menerima salinan putusan MA," jawab Tjahyo Kumolo saat dikonfirmasi GoRiau.com (GoNews Group), Selasa (09/02/2016).

Sementara dari hasil putusan kasasi MA, sudah jelas dan terang benderang menolak permohonan Annas Maamun, beberapa waktu yang lalu. Namun Menteri Dalam Negeri mengaku belum menerima salinan hasil putusan tersebut.

"Ya saya belum terima salinan itu gimana dong," tanyanya.

Dalam pemberhentian Annas dan pengangkatan Gubernur Riau menurutnya secara tekhnis harus terlebih dahulu menerima surat salinan putusan kasasi MA dan harus melalui persetujuan dari Presiden Joko Widodo.

"Kalau sudah dapat salinan putusan, kita akan serahkan ke Presiden, tidak bisa serta merta kita terima surat langsung melantik Gubernur. Setelah Presiden menerima laporan, beliau akan langsung memberhentikan Gubernur Non Aktif, kemudia memberhentikan Wakil Gubernur dan mengangkatnya menjadi Gubernur," tukasnya.

Diberitakan sebelumnya di GoRiau.com, terkait jadwal pelantikan dirinya sebagai Gubernur Riau definitif, Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman terkesan enggan menjawabnya.

"Kalau itu (pelantikan, red), tanya Mendagri saja lah, saya tak tahu. Itu urusan Mendagri," kata Plt Gubri sembari masuk ke mobil dinasnya yang parkir di depan Kantor Gubernur Riau, Selasa (9/2/2016). Plt Gubri bersama instansi terkait berangkat menuju Kabupaten Kampar melihat kondisi warga yang dilanda banjir.

Begitu juga saat GoRiau.com menanyakan, apakah salinan surat putusan Mahkamah Agung terkait inkrah Anas Maamun sudah diterimanya, Plt Gubri juga bilang tak tahu."Tanya Mendagri saja ya," kata Andi dan langsung masuk mobil Land Cruiser BM 2.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD Riau Noviwaldi Jusman mengaku baru saja menggelar rapat dengan Plt Gubri membahas terkait pelantikannya sebagai Gubernur Riu definitif.

Dia mengatakan, pihaknya akan segera mengurus segala keperluan administrasi terkait pengangkatan Arsyadjuliandi Rachman sebagai gubernur definitif Provinsi Riau ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Kalau masalah ini, memang kerjaan kita, makanya kita akan urus ke Kemendagri. Kalau bisa dalam minggu ini jabatan Gubri sudah definitif. Mendagri harus secepatnya lantik. Cukup banyak pejabat "Lillahitaala" di Riau ini," kata Noviwaldi. ***