PEKANBARU, GORIAU.COM - Dalam sepekan terakhir, polisi mencatat lebih dari 500 pelanggaran yang dilakukan pengendara di jalan raya Pekanbaru. Umumnya, pelanggaran itu dilakukan oleh pengendara sepeda motor.

"Dari beberapa kali operasi yang kami lakukan, setidaknya terjadi sekitar 500 pelanggaran," ujar Kasat Lantas Polresta Pekanbaru, Kompol Zulanda, SIk saat dikonfirmasi GoRiau.com, Minggu (17/8/2014).

Dikatakan Zulanda, operasi yang menurunkan 30 personil ini dilakukan di beberapa jalan utama di Kota Pekanbaru. Seperti Jalan Riau, Jalan Setiabudi dan Jalan Hang Tuah. "Sasaran utama kami memang pengendara sepeda motor," katanya.

Alasan dipilihnya pengendara sepeda motor, demikian Zulanda, karena mereka lebih rentan menjadi korban Lakalantas. Terlebih, jika mereka tidak menggunakan helm. "Mereka inilah yang kita coba beri penyadaran, supaya ketertiban di jalan raya tercipta," ujarnya.

"Selain itu, kalau lengkap, tentu menjaga keselamatann mereka juga," tambah Zulanda.

Selain helm, lampu sepeda motor juga menjadi sasaran. Sebab, jika lampu mati akan rentan terjadinya kecelakaan. "Lampu itu kan langsung kontak ke mata pengendara lain, sehingga orang lain sadar ada kendraan di depannya," jelas Zulanda.

Dari jumlah pelanggar tersebut, beberapa diantara mereka langsung dikenakan sanksi tilang. Namun, ada juga pelanggar yang hanya dikenakan sanksi lisan berupa peringatan.(san)