PEKANBARU, GORIAU.COM - Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Suska melakukan pembersihan dan perawatan terhadap pohon perindang yang menjadi sasaran 'Caleg Pohon' di Kampung Melayu, Sukajadi Kota Pekanbaru, Riau. Kegiatan ini dilaksanakan pada 6 April 2014 dalam rangka memperingati hari bumi yang akan jatuh pada 22 April mendatang.

"Kami menurunkan Alat Peraga Kampanye (APK) milik Caleg dan Parpol yang memang sengaja dipakukan di pohon," ujar Ketua Mapala Suska Yuli Istiqomah dalam rilisnya kepada GoRiau.com, Selasa (8/4/2014).

Tidak hanya APK milik Caleg, kata Yuli, tapi iklan-iklan produk atau jasa yang bergelayutan juga menjadi sasaran. "Pokoknya, segala sesuatu yang mengganggu pohon, kita bersihkan," katanya.

"Begitu juga dengan paku-paku yang menancap. Itu kami cabut. Sehingga, pohon benar-benar bebas dari hal yang bisa merusaknya," ulas Yuli.

Selain membersihkan pohon dari belenggu 'Caleg Pohon', Mapalas Suska juga melakukan penanaman pohon di Kelurahan Kampong Melayu. Pohon yang ditanam terdiri dari berbagai varietas, dimana ada pohon perindang dan buah-buahan.

"Semoga, apa yang kita tanam hari ini mendatangkan manfaat untuk generasi selanjutnya," ujar mahasiswa Psikologi UIN Suska Riau ini.(san)