PEKANBARU - Antisipasi terulangnya kerusuhan yang disebabkan oleh rombongan liar (romli) atau penggembira Kongres XXIX Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan mengevakuasi romli tersebut ke beberapa titik.

"Situasi mengkhawatirkan, apalagi sejak ditemukannya benda yang diduga bom molotop waktu razia tadi. Kita akan pecah konsentrasi mereka (romli) dengan mengevakuasi rombongan ke beberapa titik, biar tidak berkumpul di satu tempat," ungkap Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Riau, Ardi Basuki kepada GoRiau.com, Senin (23/11/2015).

Adapun lokasi pengevakuasian diantaranya, penggembira Kongres XXIX HMI akan diinapkan ke Aula Brimob Jalan Durian, Aula Disperindag Jalan Hangtuah, Aula Balai Latihan Kerja Jalan Terubuk dan Aula Arhanud. Dengan dipisahnya rombongan ini diharapkan akan meminimalisir kerusuhan yang terjadi.

Sementara ini, Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) sedang mengusahakan kepulangan romli menggunakan kapal laut TNI AL melalui Pelabuhan Dumai.

"Mereka saudara kita, jadi ya tetap akan kami tampung. Urusan memulangkan mereka, kami menunggu kabar dari KAHMI," tutupnya. ***