PEKANBARU, GORIAU.COM - Sempat 'mati suri' lebih kurang 2 tahun, Ikatan Alumni SMA Negeri 1 (IKA SMANSA) Pekanbaru kembali aktif dengan sejumlah program-program kerja sosial. Termasuk mempersiapkan diri menggelar Reuni Akbar 60 Tahun IKA SMANSA, 1 Agustus 2015 mendatang.

IKA SMANSA sendiri sebenarnya dibentuk pada 1 Agustus 2013 yang lalu, namun tidak berjalan secara optimal. Kemudian organisasi yang diketuai oleh Arsyadjulianto Rachman atau yang akrab disapa Anto Rahman kembali digerakkan.

Herman Ghazali diangkat sebagai Sekjen yang juga merupakan alumni SMANSA Pekanbaru. "Jadi yang dijalankan saat ini untuk masa depan. Kita serius dan ingin merangkul dari awal lagi para alumni," kata Herman Ghazali, Kamis (2/7/2/2015) di Pekanbaru.

Dikatakan Herman, angkatan pertama SMANSa pada 1955. "Namun dari total 56 angkatan, kami baru bisa membentuk dan mengumpulkan 43 angkatan. Tapi ini akan terus dilakukan dengan memanfaatkan link-link kita," ujar Herman.

Selain pembentukan kepengurusan inti, juga sudah dibentuk 3 organisasi di dalamnya, yakni Klub Donor Darah, Bantuan Konsultasi Hukum dan IKA SMANSA Otomotif Group.

"Semua sudah tersebar dimana-mana. Ada yang jadi profesor, pejabat, aparatur penegak hukum, pengusaha dan lainnya. Juga bukan berada di Riau atau Indonesia saja, sangat banyak yang berada di luar," tutur Herman.

Sementara terkait Reuni Akbar dan HUT ke-60 ini, IKA SMANSA Pekanbaru melaksanakan beberapa kegiatan sosial dan kemasyarakatan. "Intinya kita para alumni ingin memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat," pungkasnya.

Sekretaris Panitia Reuni Akbar, Musyafran (Alumni '88), menjelaskan, akan dilaksanakan kegiatan bakti sosial dan almamater pada 1 Agustus. Menyusul Jalan Sehat pada 9 Agustus 2015.

Kemudian acara puncak pada 15 Agustus 2015 dengan tema 'Back to School'. "Kita bersama para siswa dan guru di SMANSA akan kembali ke sekolah melakukan silaturahmi untuk mengenal satu sama lain," tandas Musyafran.***