PEKANBARU, GORIAU.COM - Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Siak berhasil mengamankan sedikitnya 2.264 karung bawang merah yang diduga ilegal, Rabu (29/4/2015), di dua lokasi berbeda. Bawang tersebut diangkut dan diselundupkan pelaku dengan menggunakan tujuh unit truk colt diesel.

Kepala Bidang Humas Polda Riau, AKBP Guntur Aryo Tejo Sik, Kamis (30/4/2015) mengatakan, truk pengangkut bawang ilegal diamankan petugas saat melewati jalan Lintas Siak-Sei Pakning, Desa Bungaraya kecamatan Bungaraya. "Mobil ini dihentikan petugas unit reskrim Polsek Bungaraya yang sedang melakukan patroli di lokasi," katanya.

Saat digeledah, petugas kepolisian menemukan 350 karung bawang merah di truk colt diesel bernomor polisi BA 8155 CU, 326 karung bawang merah di truk colt diesel bernomor polisi BA 8214 LU, 300 karung bawang di truk bernomor polisi BG 8502 CD, serta 288 karung bawang merah yang diangkut di truk bernomor polisi BA 8210 CU.

"Kita juga mengamankan empat orang supir yakni EY, TP, KA dan HS untuk dimintai keterangannya terkait bawang merah tersebut," tegas AKBP Guntur.

Sementara dilokasi berbeda, yakni jalan Lintas Siak-Sei Pakning Desa Sungai Tengah, jajaran Polres Siak juga mengamankan tiga mobil truk lainnya, yang mengangkut muatan berupa bawang merah yang diduga ilegal dan tanpa dilengkapi dokumen yang sah.

"Tiga truk tersebut jenis colt diesel berplat BA 8541 LU dengan muatan 350 karung bawang, truk berplat BM 8761 RO dengan muatan 350 karung bawang serta truk berplat BM 9187 QU dengan muatan 300 karung bawang merah," ulasnya.

Selain truk dan muatan, polisi turut mengamankan tiga orang supir diantaranya TE, DO dan GU untuk dimintai keterangannya. "Kita lakukan pemeriksaan dokumen dan diketahui bahwa muatan kendaraan berupa bawang merah tersebut tak satupun dilengkapi dengan dokumen karantina," tegas Guntur.

Para pelaku, sambung Guntur, diduga melanggar Pasal 31 ayat I, dan atau ayat II, UU RI No 16 tahun 1992, tentang karantina hewan, ikan dan tumbuhan. "Sat reskrim Polres Siak masih melakukan penyidikan dari mana bawang ini masuk. Sedangkan mobil truk sudah amankan ke Mapolres Siak," tukas Guntur. (had)