PEKANBARU, GORIAU.COM - Kepolisian Daerah (Polda) Riau, sudah memetakan sejumlah titik rawan, baik kecelakaan, kemacetan dan bencana alam berupa banjir. Untuk jalur lintas timur (Jalintim), ada sekitar 11 titik rawan, dan polisi rencananya akan tempatkan 11 pos pengamanan dan pos pelayanan bagi pemudik.

Data yang diperoleh GoRiau.com dari Direktorat Lalu Lintas (Dit Lantas) Polda Riau, ada 11 titik rawan sepanjang rute yang hubungkan Riau dan Jambi (Jalintim) ini, diantaranya Jalintim KM 53 Desa Kiyap Jaya kecamatan Bandar Sei Kijang, yang rawan kemacetan. Jalintim KM 55 Desa Makmur kecamatan Pangkalan Kerinci, yang rawan kemacetan dan rawan kecelakaan.

Berikutnya Jalintim KM 66 kecamatan Pangkalan Kerinci, yang rawan kemacetan dan kecelakaan. Jalintim KM 148 Desa Ukui, yang rawan kemacetan. Jalintim KM 104 Desa Terantang Manuk, yang rawan kemacetan dan kecelakaan. Jalintim KM 154 Desa Redang Rejo Inhu, yang rawan kemacetan.

Lalu Jalintim KM 171 Desa Wonosari kecamatan Lirik Inhu, yang rawan kemacetan. Jalintim KM 174 Desa Lirik Area, Inhu, yang rawan kemacetan. Jalintim KM 223 kelurahan Pangkalan Kasai Inhu, yang rawan macet dan banjir. Jalintim KM 224, Desa Sei Arang kecamatan Siberida, yang rawan kemacetan. Terakhir Jalintim KM 253, Desa Ringin kecamatan Batang Gansal, Siberida, yang rawan macet.

"Sepanjang jalur lintas timur ini, kita rencananya akan membangun 11 pos pengamanan (PAM) dan pos pelayanan (Yan). Mayoritas titik rawan ini disebabkan pekerjaan jalan berupa Rigid, jalan rusak, perbaikan gorong-gorong, dan bencana banjir," sebut Direktur Lalu Lintas Polda Riau, AKBP Guritno Wibowo, Senin (29/6/2015) sore.

Pos ini ditempatkan diantaranya :
-Pos PAM Simpang Beringin KM 28.
-Pos Pelayanan KM 55 Desa Kiyab Jaya.
-Pos PAM Ramayana KM 70 kota Pangkalan Kerinci.
-Pos PAM Sorek KM 111 kecamatan Pangkalan Kuras.
-Pos PAM KM 179 simpang 3 Japura kecamatan Lirik.
-Pos PAM Simpang 4 Tugu Patin KM 194 (pos Lantas).
-Pos PAM Simpang Tugu Lima Rengat.
-Pos PAM Simpang 4 PLN jalan R. Suprapto kota Rengat.
-Pos PAM Simpang SMA jalan Jenderal Sudirman desa Kembang Harum.
-Pos PAM KM 211 kelurahan Pangkalan Kasai kecamatan Siberida.
-Pos PAM KM 235 kelurahan Pangkalan Kasai, Siberida.

"Dititik ini rencananya kita membangun pos untuk para pemudik yang melalui Jalur Lintas Timur, sesuai survei kita. Ini bisa berubah sewaktu-waktu," tutup Dirlantas kepada GoRiau.com. (had)