PEKANBARU, GORIAU.COM - Dua pendekar dan pesilat dari Pekanbaru terpilih mewakili Indonesia dalam ivent Silat International yang digelar di Belgia bergabung dengan 12 pesilat Indonesia lainnya yang tergabung dalam kontingen pesilat Indonesia yang akan digelar 9-10 Mei 2015 di Belgia.

Keberangkatan pesilat Pekanbaru bersama pesilat Nasional lainnya, dtandai dengan acara melepas keberangkatan dengan resmi oleh Walikota pekanbaru, Firdaus ST MT, Selasa (28/4/2015) jam 07.30 WIB pagi di kediaman Walikota dengan dihadiri Ketua Perguruan Tapak Suci Riau Ir H Yusman MT bersama H Ali Munir Asyani, serta Kepala Dispora Yusuf, dan sejumlah pendekar dan atlet Riau.

Ketua Perguruan Tapak Suci Riau  Ir H Yusman Yusuf MT yang didampingi manager kontingen Aldia Witra, menyebutkan bahwa dari 12 atlit yang akan bertanding diiven Internasional yang digelar di belgia nantinya, Pekanbaru mendapat kehormatan tersendiri karena pendekar dari Riau yakni Aldia Witra dipilih sebagai manager Kontingen serta dua atlet Silat Pekanbaru yakni Diki Amanda dan Ozi Frahengky.

''Kontiengen Indonesia akan diberangkatan pada tanggal 6 Mei dari Jakarta yang akan dilepas oleh Ketua MPR Zulkili Hasan bersama ketua PP MUhammdiyah Din Syamsuddin,'' ujar Yusman Yusuf.

Sementara itu Walikota Pekanbaru Firdaus ST MT dalam pengarahannya menyampaikan penghargaan dan apresiasi atas prestasi yang diraih oleh para atlet dan olahragwan Pekanbaru, yang mampu mengharumkan nama daerah di kancah nasional bahkan Internasional.

''Olahraga tidak hanya membentuk mental dan fisik yang tangguh dan kuat serta mandiri, tetpi juga bernilai prestasi bagi generasi muda bangsa di berbagai ajang yang membuka mata setiap orang,'' ujar walikota.

Selanjutnya Walikota  berharap dan berpesan kepada para atlet dan kontingen untuk selalu menjaga kesehatan dan kekompkan, serta selalu berdisiplin dalam pelatihan maupun pembekalan, agar menjadi atlet yang kuat secara fisik, mental, dan tangguh terhadap berbagai kemungkinan cuaca yang ekstrim yang konon saat ini diinformasikan, Belgia dalam musim dingin dengan suhu cuaca 5 derjat celcius.

''Terimakasih atas prestasi yang dipersembahkan untuk negeri dan bangsa ini, semoga perjalanan lancar pergi dan pulang kembali, dengan prestasi yang membanggakan negeri dan bangsa ini,'' ungkap Walikota yang disambut gema salam olahraga dari para atlet. (rls)