PEKANBARU - Kecintaan belajar, membaca, menghayatai dan mengamalkan Alquran terus digulirkan Pemerintah Kota Pekanbaru melalui program Jumat Pagi Wajib Mengaji bagi seluruh PNS dan karyawan lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru.

Jumat Pagi Wajib Mengaji sudah dimulai Jumat (29/4/2016) yang diawali di Masjid Nursalim Kantor Walikota pekanbaru dengan guru pembimbing Ustadz Drs. H. Saharuddin MA  dan ustadz penceramah DR H Nurhadi Husin MA  yang diikuti seluruh pejabat dan pegawai Pemko Pekanbaru.

Pembacaan Alquran dilakukan seperti tadarus dan mengaji bersama para pegawai diberi wawasan tentang tajwid dan penjelasan ayat yang sedang dibaca.

Kegiatan yang berlangsung satu jam ini terlihat berjalan dengan khidmat, para pegawai sangat antusias mengikuti  dan mengulang bacaan demi bacaan yang dilantunkan guru pembimbing.

"Kami harus mengenali huruf dan makhraj huruf yang dibaca. Akan bernilai pahala yang luar biasa bila bacaan indah disertai oleh bacaan yang tepat dengan ucapan hurufnya yang tepat pula," ujar Ustadz Saharudin.

Sementara itu Walikota Pekanbaru DR H Firdaus MT menyebutkan, Jumat Pagi Wajib Mengaji dirasa sangat penting  diterapkan bagi pejabat dan pegawai di lingkingan Pemko Pekanbaru untuk  peningkatan amal dan penghayatan serta pengamalan Alquran. Sehingga  penyelenggara pemerintah akan selalu merasa dekat dengan  Alquran sebagai pedoman hidup bagi umat muslim.

"Kita harus wajib mencintai Alquran, cinta belajar Alquran, cinta membaca Alquran, cinta memahami kandungan Alquran, cinta menghayati Alquran, sehingga kita menjadi orang yang mencintai dan mengamalkan isi serta maksud dari kandungan Alquran yang sebenar-benarnya," ujar Walikota.

Untuk mengaplikasikan cita-cita Walikota dan Wakil Walikota  menjadikan Kota Metropolitan yang Madani, Pemko Pekanbaru telah melaksanakan program Sekolah Mengaji dan Magrib Mengaji. Dua program ini sudah berjalan dengan baik di tingkat SD, SMP dan SMA sederajat.(rls)