PEKANBARU, GORIAU.COM - Pemerintah Kota Pekanbaru berencana akan menjadikan Jalan Agus Salim sebagai kawasan pusat kuliner khas Pekanbaru. Oleh sebab itu, Pemko Pekanbaru sedang menggesa perbaikan jalan dan pembuatan pedestrian.

''Pedestrian ini yang nantinya akan dimanfaatkan sebagai lokasi berjualan para pedagang di malam hari," ujar Sekretaris Dinas Pasar Kota Pekanbaru, Mursidi saat ditemui GoRiau.com, Selasa (28/10/2014) di ruang kerjanya.

Para pedagang, lanjut Mursidi, akan berjualan berbagai macam kuliner. Tidak hanya kuliner, nantinya kawasan Agus Salim juga akan disediakan tempat untuk berjualan pakaian dan asesoris lainnya.

Menurutnya, Walikota Pekanbaru berencana akan menertibkan para pedagang kaki lima yang berjualan di pasar pusat. Dari catatan Dinas Pasar, saat ini ada sekitar 300-an PKL. "Lahan yang sedang dibuat saat ini, diprioritaskan untuk mereka," ujar Mursidi.

"Kita utamakan pedagang lama dan tidak akan langsung menerima pedagang baru," lanjutnya. Jika kawasan Agus Salim tidak cukup menampung jumlah PKL saat ini, pihaknya akan merelokasi di pasar Inpres. "Pasar Inpres ini yang akan kita gunakan untuk menampung kelebihannya," katanya.

Pasar Inpres yang dimaksud Mursidi, kondisinya sangat memprihatinkan. Pasar ini tidak bisa dimanfaatkan oleh masyarakat karena bangunan yang sudah lama. Saat ini, lanjut Mursidi, Pemko Pekanbaru sedang melakukan pemutihan aset. "Kalau sudah, tentu kita bisa bangun pasar yang baru," katanya.

Dalam pemberitaan sebelumnya, Pemko Pekanbaru akan menjadikan kawasan Agus Salim sebagai pusat kuliner malam. Oleh sebab itu, Walikota Firdaus menata ulang kembali jalan Agus Salim yang terabaikan selama 40 tahun. (san)