PEKANBARU, GORIAU.COM - Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Pekanbaru, Azharisman Rozie mengatakan sangat banyak staf di Kantor Walikota Pekanbaru yang tidak bisa membuat selembar surat.

"Membuat selembar surat saja tidak bisa. Mau jadi pegawai juga tu," ujar Rozie saat ditemui GoRiau.com di sebuah hotel di Pekanbaru, Rabu (24/9/2014). Rozie mengkritik keras kemampuan anak buahnya.

"Kalau hanya menulis surat saja tidak bisa, kita meragukan pendidikan yang mereka tempuh. Mereka yang sarjana, kita meragukan skripsinya. Bagaimana ia bisa lulus, sementara sehelai surat saja tidak becus," ujar Rozie dengan nada kesal.

Dikatakan Rozie, ia sangat sering menemukan surat yang dibuat bawahannya tidak benar. "Saya sebagai kepala badan, sering kali menemui surat yang salah," katanya.

"Saya kan koreksi, ketika mereka menyodorkan surat. Bahkan, ada bahasa kampungnya yang dimasukkan kesitu. Jujur, saya sendiri tidak paham dengan yang ditulisnya," kata Rozie. Selama menjadi pegawai, lanjut Rozie, dirinya selalu menemukan adanya staf yang tidak pandai membuat surat.

Dengan kondisi tersebut, Rozie sangat prihatin terhadap kualitas pegawai di lingkungan Pemko Pekanbaru. Meski terkesan sepela, tapi masalah surat menyurat merupakan bagian vital dari sebuah lembaga.(san)