PEKANBARU - Pangkalan Udara (Lanud) TNI AU Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Provinsi Riau mengutus lima pesawat tempur jenis F-16 teranyarnya untuk ikut serta latihan gabungan di Darwin, Australia.

Fighting Falcon dari Skadron Udara F-16 tersebut meninggalkan home basenya di Pekanbaru, Rabu (27/7/2016). Lima pesawat termpur tersebut langsung mengarah ke Darwin, untuk ikut latihan bertajuk Pitch Black 2016 ini.

Sesuai rencana, latihan gabungan ini bakal diselenggarakan pada 1 Agustus 2016 mendatang. Tak tanggung-tanggung, satu flight pesawat tempur F-16 itu dipimpin langsung oleh Danskadron Udara 16 Letkol Pnb Nur Alimi.

"Kita kirim lima pesawat tempur F-16 serta 62 personil dari Skadron Udara 16, meliputi 12 penerbang serta 50 personel pendukung. Mereka akan mengikuti latihan di sana," ungkap Komandan Lanud Roesmin Nurjadin, Marsekal Pertama Henri Alfiandi.

Henri mengatakan, selain Indonesia, ada pula beberapa negara lainnya yang turut serta pada latihan ini, dan pastinya, bakal ada sederet pesawat tempur dengan jenis berbeda-beda akan pamer kekuatan.

"Tetap utamakan safety serta keamanan, cek dan re-check dengan detil setiap persiapan yang dilakukan, agar latihan dapat berjalan dengan aman, lancar dan tanpa kendala hingga nanti kembali ke home base," harap Danlanud. ***