PEKANBARU - Satuan Lalu Lintas Polresta Pekanbaru, Riau kembali menggelar razia di ruas Jalan Yos Sudarso, Rumbai Pesisir, Kamis (26/5/2016) pagi. Meski sudah jadi langgaran operasi penertiban, nyatanya masih banyak saja pelanggaran yang didapati petugas.

"Mati aku mak, kena razia," sesal salah seorang pemotor yang turut terjaring razia petugas saat menghubungi keluarganya melalui telpon. "Lupa bawa STNK pak, tadi buru-buru," sambungnya saat ditanyai polisi kenapa tidak membawa surat-surat kendaraan.

Pantaun GoRiau.com, sudah ada puluhan kendaraan yang ditindak petugas, di mana didominasi oleh pemotor. Dan seperti biasanya, rata-rata kesalahan adalah karena tidak memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM) dan tidak bawa STNK, tidak menyalakan lampu utama serta tidak menggunakan helm.

Tidak hanya pemotor, pengendara mobil juga turut dihentikan polisi, sebab memodifikasi pelat kendaraannya. Ini sudah jadi makanan rutin Polisi Lalu Lintas selama Operasi Patuh Siak 2016 digelar, dengan kesalahan yang itu-itu saja.

Tak sedikit pula yang berusaha kabur dengan menyelip diantara mobil. Namun itu sia-sia, karena polisi lebih pintar dan menyebar anggota secara berlapis dengan radius ratusan meter. "Kenapa kabur? Kan sudah apa pelang razia dan sudah dihentikan tadi," tanya petugas kepada pengendara roda dua.

Sampai berita ini diturunkan, razia masih berlangsung. Kebanyakan dari pemotor itu didominasi pelajar dan mahasiswa. "Belum kita hitung berapa totalnya," ungkap Kasubnit I Turjawali Satlantas Polresta Pekanbaru, Iptu Rivandy disela-sela kegiatan. ***