PEKANBARU, GORIAU.COM - Peringatan malam Nuzulul Quran digelar Pemko Pekanbaru di Masjid Agung Ar Rahman, Jumat (4/7/2015). Kegiatan dalam rangkaian Ramadan 1436 hijriah dihadiri ribuan jamaah yang memenuhi hampir seluruh sisi masjid paripurna tersebut. Peringatan Nuzul Quran tahun ini menghadirkan mantan Menteri Agama RI Prof. Dr. KH. Said Agil Husin Al Munawwar, MA sebagai pengisi tausiah.

Walikota Dr. H. Firdaus ST MT dalam sambutannya mengajak seluruh warga Kota Pekanbaru memaknai peringatan ini untuk mencintai dan memahami Alquran, dalam rangka mensukseskan masyarakat Pekanbaru Qurani menuju Kota Metropolitan yang Madani.

Walikota mengatakan, peringatan Nuzul Quran diharapkan menjadi motivasi yang sangat dalam bagi masyarakat Muslim di Kota Pekanbaru untuk meningkatan rasa cinta Alquran sebagai pedoman hidup sehari-hari.

"Selaku umat yang beruntung mendapatkan Alquran sebagai pedoman hidup, maka sudah seharusnya kita berkewajiban menanamkan rasa kecintaan yang dalam kepada Alquran," kata Walikota Firdaus.

Untuk mewujudkan kecintaan pada Alquran menurutnya ada lima hal yakni kecintaan mempelajari Alquran, kecintaan untuk bisa membaca Alquran, kecintaan untuk menghafal Alquran, kecintaan untuk memahami dan mengerti kandungan Alquran, serta kecintaan untuk mengamalkan Alquran dalam segala aspek kehidupan.

"Melalui Nuzul Quran ini, mari kita jadikan masyarakat Pekanbaru yang Qurani menuju masyarakat Madani. Mari amalkan Alquran dalam kehidupan sehari-hari baik dalam tugas penyelenggaraan pemerintahan, pekerjaan, usaha dan dalam masyarakat," serunya.

Masyarakat Qurani menurut Walikota, adalah masyarakat yang disiplin dan menghargai waktu, patuh pada aturan dan taat menjalankan perintah agama, memiliki toleransi yang tinggi dan saling menghargai, masyarakat yang mau bergotong royong dan masyarakat yang cinta serta peduli pada kebersihan lingkungan.

Sementara KH Said Agil Husin Al Munawar dalam tausyiahnya mengatakan, Alquran bukan saja sebagai buku pedoman bagi umat Muslim. Tapi juga diwahyukan Tuhan pada nabi besar Muhammad SAW untuk mengatur segala aspek kehidupan yang nyata di dunia saat ini maupun tidak nyata di akhirat kelak.

Kegiatan ini sendiri mengangkat tema 'Dengan Nuzul Quran Kita Optimalkan Sekolah dan Magrib Mengaji Menuju Masyarakat Pekanbaru Metropolitan yang Madani'.(rul)