PEKANBARU, GORIAU.COM - Kemacetan panjang terjadi di Jalan Jendral Sudirman seputaran Tugu Zapin Pekanbaru, sebagai buntut aksi mahasiswa yang menggelar unjuk rasa dalam rangka Hari Kebangkitan Nasional, Rabu (20/5/2015). Malahan mahasiswa dan polisi nyaris bentrok lantaran pendemo berusaha memblokir jalan protokol tersebut.

Pantauan GoRiau.com, kemacetan panjang terjadi persis di depan Mapolda Riau, bundaran Tugu Zapin, jalan Gajahmada dan didepan Kantor Gubernur Riau. Massa melakukan aksi duduk di jalan untuk menyampaikan aspirasinya sebagai bentuk kekecewaan atas kinerja presiden Joko Widodo yang tidak pro rakyat.

Akibatnya, ratusan kendaraan terjebak dalam kerumunan massa, sehingga kemacetan tidak dapat dihindari. Bahkan dalam demonstrasi ini, mahasiswa dan polisi yang melakukan penjagaan, nyaris terlibat bentrok ditengah teriknya matahari, lantaran usaha polisi dalam menghalau massa mendapat perlawanan dari para mahasiswa.

Beruntung upaya tersebut bisa diantisipasi, dan mahasiswa mengalah dengan kembali membuka jalan bagi masyarakat yang melintas. Lalu massa dari Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) Pekanbaru-Riau kembali melanjutkan orasi, persis di seputaran Tugu Zapin.

Hingga berita ini diturunkan, jumlah massa terus bertambah. Mereka membagi konsentrasi massa menjadi dua, yakni kumpulan pertama berorasi di sekitar jalan Sudirman-Gajahmada, dan sebagian menyampaikan aspirasi di Jalan Sudirman-Cut Nyakdin Pekanbaru. (had)