PEKANBARU, GORIAU.COM - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Siak dapat bernafas lega. Pasalnya, meski kondisi masih 'kritis', namun investor asal Korea Selatan (Korsel) menyatakan minat besarnya menanamkan investasinya ke PDAM tersebut. Total investasi yang akan ditanam mencapai Rp2 Triliun khusus untuk suplay air bersih.

Keseriusan tersebut disampaikan Wali Kota Pekanbaru, H Firdaus ST MT saat menerima perwakilan investor Korsel di kediaman dinasnya. Dijelaskannya, keseriusan tersebut juga sudah dilakukan oleh investor dengan melakukan studi kelayakan secara mandiri sejak satu setengah tahun yang lalu.

Tidak hanya itu, sejak enam bulan yang lalu studi kelayakan lanjutan juga dilakukan secara mandiri pula dengan hasil pekanbaru memiliki potensi yang besar untuk air besih tersebut.

''Ini kedatangan mereka kesekian kali. Namun kali ini mereka tidak datang tangan kosong, tapi juga hasil uji kelayakan yang mereka buat selama setahun ini. Mereka benar serius apalagi itu semua dilakukan mandiri. Makanya kita apresiasi ini semua,'' terang Wali Kota Pekanbaru, H Firdaus ST MT kepada wartawan, Selasa (22/4/2014) malam di Kediamannya.

Dalam pertemuan tersebut, perwakilan investor menyampaikan hasil studi kelayakan. Selain itu, untuk langkah selanjutnya, Wako meminta untuk menindaklanjuti hal tersebut secara kongkrit. Berdasarkan penjelasan calon investor, Korsel bertindak sebagai pemasok atau suplay air bersih untuk PDAM. Dengan begitu, investor bukan sebagai pengelola hanya sebagai penunjang kegiatan pelayanan air bersih yang dikelola oleh PDAM.

Selain itu, karena ini masuk dalam Penanaman Modal Asing (PMA) Pemko sudah melakukan koordinasi dengan pusat. Diantaranya dengan Bappenas, PU, Keuangan Dan BUMN. Dari hasil diskusi juga bersama Badan Besar PAM, secara umum sudah menyatakan persetujuannya.

Sementara untuk ini, Wako juga menegaskan tetap akan melaksanakan proses lelang dengan cara lelang prakarsa. Lelang ini dilakukan karena sebelumnya calon investor Korsel ini sudah melakukan tahapan stufi kelayakan dan itu harus menjadi perhatian. Hanya saja, dalam lelang ini tidak bisa dipastikan calon Investor tersebut menjadi pemenang lelang.

''Tetap akan kita lelang investor ini. Mereka ini akan ada langkah selanjutnya. Memang ada beberapa tempat yang mereka sudah sukses. Tapi tetap lelang kita lakukan. Kedepan, mereka menyatakan bisa menghasilkan air bersih itu 500 liter per hari, dan itu akan disuplay ke konsumen. Besar harapan kita, dengan ini PDAM bisa kembali membeikan pelayanan air bersih di Pekanbaru,'' ujar Walikota.(rls)