PEKANBARU, GORIAU.COM - Pemerintah Kota Pekanbaru, Riau kini mencadangkan lahan seluas  1.550 hektare di Kecamatan Tenayan Raya untuk membangun satu kawasan pusat perkantoran terpadu dalam mendukung pelayanan maksimal pada masyarakat.


''Kini lahan milik masyarakat yang sudah dibebaskan oleh Pemkot Pekanbaru adalah seluas 306 hektare sedangkan sarana penerangan yang sudah dibangun pada kawasan seluas 40 hektare yakni pembangkit listrik berkapasitas 2 x 100 MW,'' kata Kepala Penanaman Modal dan Promosi Kota Pekanbaru Rauda Riza di Pekanbaru, Senin.


Menurut dia, untuk melengkapi pusat perkantoran itu juga akan dibangun perumahan dinas para pejabat di lingkungan Pemkot Pekanbaru, dan pada lahan seluas 5 hektare lainnya dalam untuk kawasan pelabuhan, dan terminal kargo.


''Keberadaan kantor yang representatif ini nantinya akan memberikan kemudahan pelayanan publik bagi masyarakat dan jarak lokasi pemerintah yang baru ini dari pusat perkantoran yang saat ini adalah 13 km,,'' katanya.


Ia menyebutkan, kantor yang baru ini --akan dilengkapi dengan pembangunan satu unit jembatan Siak 5 yang akan tembus ke Kecamatan Okura yang dibangun untuk mendukung kemudahan berinvestasi di daerah dijuluki kota bertuah ini.


Selanjutnya juga akan dikembangkan jalan tol pada jalur lingkar utara luar menuju Kota Dumai.


Sejumlah sarana dan prasarana yang bakal dibangun tersebut sekaligus mendukung iklim investasi yang kondusif agar investor aman berinvestasi dengan memberikan berbagai kemudahan dalam berinvestasi  antara lain bakal disatukannya pusat pelayanan perizinan dan penanam modal satu pintu untuk untuk efisiensi.


''Kebijakan tersebut sekaligus untuk mewujudkan tekad Pekanbaru menjadi kota tujuan investasi terbaik nomor satu di Indonesia," katanya. ***