PEKANBARU, GORIAU.COM - Kabut asap yang semakin parah melanda Kota Pekanbaru kian mengkhawatirkan. Rabu (17/9/2014), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Pekanbaru dan Sinarmas Grup menggelar aksi sosial bagi-bagi masker di bundaran Mal SKA. Pembagian 1.500 masker ini melibatkan sejumlah pengurus dan anggota PWI Pekanbaru, kru Sinarmas dan sudah dimulai sejak pukul 07.00 wib.

Ketua PWI Riau, Hendri Agustira yang turun langsung dalam pembagian masker ini, disambut antusias Warga yang melintasi perempatan Mal SKA. Bahkan, pengendara rela berebut untuk mendapat masker yang disediakan Sinarmas dan PWI Pekanbaru ini.

Hendri Agustira mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian PWI dan Sinarmas terhadap pencemaran udara akibat kabut asap hasil Kebakaran hutan dan lahan di Sumatera. ''Ini spontanitas kita saja, semalam kita bicarakan dengan Sinarmas, pagi ini langsung kita bagikan, alhamdulilah masyarakat juga antusias saat kita bagikan masker. Bahkan ada rela yang berebut,'' ujarnya.

Pria yang akrab disapa Tira ini berharap, pemerintah melalui Satgas penanggulangan Kebakaran dan hutan sigap dalam mengatasi persoalan ini. Pasalnya, kabut asap sudah sangatmeresahkan masyarakat Riau setiap tahunnya. ''Tahun ini saja sudah berapa kali masyarakat diancam oleh kabut asap. September ini kita harus berurusan dengan asap lagi. Jadi kitaberharap Pemerintah melakukan langkah cepat mengatasi masalah ini, mulai dari penanggulangan kebakaran lahan, hingga proses hujan buatan," tukasnya.

Hal senada diutarakan Humas Sinarmas Grup Musherizal Yatim. Menurutnya, kabut asap yang melanda Riau memang sudah sangat. Selain Pekanbaru, Sinarmas juga berencanamembagikan masker kebeberapa daerah lainnya, seperti Perawang, Duri, Siak dan beberapa kota lain. ''Kita akan bagikan 20 ribu masker, selama asapmasih menyelimuti Riau ini,'' tandasnya, (rls)