PEKANBARU, GORIAU.COM - Digelar di rumah sendiri, Tim Futsal Kota Pekanbaru berhasil keluar sebagai juara pada Kejuaraan Daerah (Kejurda) Futsal tingkat Mahasiswa yang digelar di Fajar Futsal, 18-20 September 2014.

Tim Futsal Pekanbaru merupakan tim yang disiapkan menghadapi Porprov di Inhu Oktober 2014 mendatang. Mereka memastikan kemenangan setelah menumbangkan Tim Futsal Universitas Lancang Kuning (Unilak) dengan skor 7-1 pada partai final, sekaligus menempatkannya di peringkat kedua.

Peringkat ketiga ditempati tim futsal Indragiri Hilir yang berhasil mengalahkan tim Futsal UIR dengan skor 3-1. Kemenagan ini merupakan revans, setelah dibabak penyisihan grup tim dari Seribu Parit ini takluk dari UIR 7-3.

Sebagai juara, tim Futsal Kota Pekanbaru berhak menerima uang pembinaan sebesar Rp10 juta, tropi, medali dan sertifikat. Peringkat kedua Unilak mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp7 juta, Inhil Rp5 juta dan UIR Rp3 juta.

Sementara hadiah top skor sebesar Rp 1 juta, dibagikan kepada lima pemain.Tiga dari Pekanbaru dan dua dari Unilak. Diantaranya Imam Zharfan, Nofendra Hariadi, Joko Purwanto (Pekanbaru), Robert dan Joko Pr (Universitas Lancang Kuning).

Kelima pemain ini berhasil melesakkan dua gol selama babak semifinal dan final. Sesuai peraturan khusus yang ditetapkan panitia penyelenggara.

Kepala Bidang Pembinaan Prestasi Olahraga Daerah (PPOD) Dispora Riau Drs Sanusi Anwar yang menutup kejurda menjunjung tinggi sportivitas yang diapungkan para peserta dan tim.

"Selamat kepada para juara dan yang terpenting mampu menjunjung sportifitas selama iven ini digelar sehingga kegiatan ini berjalan lancar," kata Sanusi.

Dirinya berharap agar kegiatan ini selain bertujuan memasyarakatkan olahraga futsal juga untuk menjalin silaturahmi antara perguruan tinggi se Riau.

"Ke depan, kita masih berharap iven ini bisa digelar dan masuk dalam penganggaran APBD Riau lagi. Jika tidak iven mahasiswa ini bisa menjadi yang pertama dan terakhir," lugasnya.(rls)