PEKANBARU - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin (2/5/2016) siang, masih melanjutkan pemeriksaan saksi-saksi terkait pengusutan dugaan suap pengesahan APBD untuk tersangka Bupati Rohul, Suparman dan mantan Ketua DPRD Riau, Johar Fordaus. Siang ini, giliran Gumpita dan Rusli Ahmad dipanggil.

"Yang tahap pertama 11 orang anggota dewasn sudah selesai. Kita istirahat dan siang ini dilanjut pemeriksaan terhadap Gumpita (anggota dewasn) dan Rusli Ahmad," jawab salah seorang penyidik KPK kepada GoRiau.com di Sekolah Polisi Negara (SPN) Pekanbaru, Riau.

Setelah merampungkan agenda hari ini, pemeriksan kemudian dilanjutkan Selasa (3/5/2016). "Masih tetap, anggota dewan kita panggil untuk diambil keterangan," bebernya. "Kalau sampai sekarang total sudah ada sekitar 70 an orang, termasuk anggota dewan, staf dan Kepala Dinas (yang dimintai keterangan, red)," singkat dia.

Pantauan di SPN, 11 orang anggota dewan yang dijadwalkan pemanggilan hari ini sudah tuntas dilaksanakan. Tiga nama terakhir yang keluar adalah Elly Suryani, Sesmaniar, Tengku Nazlah Khairati serta yang terakhir James Pasaribu. "Udah lah, jangan tanya-tanya, tak ada yang baru, masih yang itu-itu," ketus Nazlah usai diperiksa.

Sementara untuk James Pasaribu, adalah orang terakhir yang keluar dari ruang pemeriksaan. Ia menjadi orang terlama yang dimintai keterangannya. "Bukan karena pertanyaan banyak makanya lama, tapi jawabannya berbelit-belit. Kita jadi kewalahan minta keterangan beliau (James)," sindir salah seorang penyidik kepada GoRiau.com. ***