PEKANBARU, GORIAU.COM - Dalam beberapa hari ini, langit di kota Pekanbaru sering terdengar suara gaduh pada malam hari. Penyebabnya lantaran para penerbang Skadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin, sedang menggelar latihan terbang malam, sejak Senin kemarin, dan masih berlangsung sampai Kamis (21/5/2015) besok.

Sekilas terdengar suara mesin jet yang menderu memecah kesunyian malam selama beberapa hari ini. Penyebabnya karena para penerbang dari pesawat tempur Hawk 100/200 Skadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin tengah melaksanakan latihan terbang malam.

Danlanud Roesmin Nurjadin Kolonel Pnb M. Khairil Lubis menyebutkan, bahwa kegiatan ini dilakukan mengingat Lanud Roesmin Nurjadin merupakan pangkalan operasi penting, dan harus selalu siap untuk melakukan misi, termasuk melakukan operasi udara yang dapat terjadi kapan saja.

"Latihan terbang malam yang dilaksanakan secara periodik, dan rencananya akan berlangsung hingga Kamis (21/5/2015) besok, dengan area latihan di sekitar wilayah Lanud Roesmin Nurjadin," ungkap Danlanud.

Terpisah, Danskadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin, Letkol Pnb Jajang Setiawan menyebutkan, latihan malam juga sekaligus meningkatkan keahlian dan kemampuan para penerbang, serta sekaligus untuk mengasah kesiapan seluruh alutsista serta ground crew pesawat.

"Hal ini guna mengantisipasi kemungkinan akan terjadinya ancaman, gangguan serta pelanggaran wilayah udara Indonesia oleh pihak lain yang mungkin saja terjadi pada waktu siang maupun malam hari," tegasnya, Rabu sore. (had)