PEKANBARU, GORIAU.COM - Hari Kartini merupakan harinya kaum ibu, dimana pada 21 April setiap tahunnya selalu diperingati sebagai kebangkitan kaum perempuan untuk mendapatkan hak-haknya. Dahulunya, kaum perempuan tidak banyak berkiprah dalam pembangunan bangsa ini.

Bertepatan dengan Hari Kartini ini pula proses rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara Partai Politik, anggota DPR, DPD, DPRD Riau dan DPRD Kota Pekanbaru usai digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekanbaru.

Alhasil, kaum perempuan yang ikut dalam perebutan kursi legislatif baik di tingkat kabupaten hingga pusat dipastikan menjadi wakil rakyat. Salah satunya Ida Yulita Susanti, SH yang maju untuk DPRD Kota Pekanbaru dari Dapil Tampan-Payung Sekaki.

"Alhamdulillah, Hari Kartini ini membawa keberuntungan untuk kami sebagai kaum perempuan," ujar Ida. Dikatakan Ida, selain dirinya masih ada Caleg perempuan lain yang dipastikan duduk sebagai wakil rakyat.

"Untuk DPD RI, yang menang di Kota Pekanbaru ini perempuan semua," ujar Ida. Caleg DPD RI yang dimaksud Ida yakni, Maimanah Umar, Rosti Uli Purba, Intsiawati Ayus dan Iwa Sirwani Bibra. Begitu juga dengan Caleg DPRD Riau dapil Kota Pekanbaru Nuraini dari Golkar dan Ade Hartati Rahmat dari PAN.

"Ini semua membuktikan, perempuan di Riau sudah mulai mewujudkan cita-cita RA. Kartini," beber Ida saat ditemui usai rapat pleno terbuka.

Bersempena Hari Kartini, Ida menghimbau kepada seluruh kaum perempuan yang ada di Riau untuk terus berkreasi dalam mencerdaskan dan mensukseskan pembangunan bangsa. "Saatnya, kaum perempuan bangkit," tegas Ida.(san)