PEKANBARU, GORIAU.COM - Kota Pekanbaru menjadi salah satu daerah yang diincar oleh pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Dengan syarat sedikit longgar, membuat warga berbondong-bondong untuk menjadi abdi negara. Dimana, hingga hari keenam pendaftaran, sudah ada 4.600 orang pelamar.

"Pagi tadi, sudah 4.600 orang yang mendaftar di Kota Pekanbaru melalui online," ujar Walikota Pekanbaru, H. Firdaus, ST MT didampingi Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Pekanbaru, Azharisman Rozie, Kamis (25/9/2014).

Tingginya minat warga yang mendaftar di Pekanbaru, kata Firdaus, dikarenakan syarat yang longgar, berbeda dengan kabupaten kota lainnya di Riau. Dimana, pelamar tidak diwajibkan mempunyai KTP Pekanbaru, melainkan KTP Nasional dan berdomisili di Riau.

"Alasannya, Pekanbaru ini ibukota provinsi dan setiap penduduk Riau berhak untuk ikut," kata Firdaus.

Untuk Kota Pekanbaru di tahun 2014, Kemenpan RB hanya memberi kuota sebanyak 200 formasi di segala bidang. Jika dibandingkan dengan pelamar yang mendaftar, angka tersebut berbanding terbalik. Akibatnya, tidak sedikit orang tak bertanggungjawab memanfaatkan momen ini.

"Sudah mulai ada calo yang main. Padahal, saya sendiri tidak bisa menjamin siapapun. Sebab, sekarang ini ujian dengan sistem CAT," kata Firdaus. Untuk itu, ia berharap masyarakat jangan percaya sama calo.(san)