PEKANBARU - Setelah ditetapkan para petugas pada tanggal 31 Januari 2016 lalu, sebanyak 108 anak yang terbagi dalam 5 hari sebagai Duta Lingkungan SD Juara Pekanbaru melakukan aksi nyata di lapangan.

Duta Lingkungan merupakan sarana pendidikan bagi siswa SD Juara untuk menjaga lingkungan sekolah dan menerapkan budaya cinta lingkungan.

Kegiatan Duta Lingkungan adalah membesihkan lingkungan dari sampah, mengajak dan mengingatkan siswa lain untuk membuang sampah pada tempatnya dan yang menjadi terdepan dalam menjaga keasrian lingkungan sekolah.

Uniknya, untuk penyemangat dan tanda pengenal, petugas yang mendapat bagian jadwal piket diberikan pin Duta Lingkungan, sehingga mereka lebih mudah dikenali.

Awalnya, Duta Lingkungan ini hanya diikuti sebanyak 74 orang. Respon yang besar terlihat dari jumlah pendaftar yang justru meningkat di acara pembukaan Duta Lingkungan pada tanggal 22 Januari 2016 lalu.

PKS Kesiswaan SD Juara Pekanbaru, Amelia Salfitri, mengatakan, tugas khusus bagi Duta Lingkungan adalah turut mengawal program Adiwiyata, terutama kebersihan sekolah serta mengajak orang lain turut menjaga lingkungan.

"Sebagai tanda pengenal, masing-masing duta memasang pin Duta Lingkungan. Duta Lingkungan juga bekerjasama dengan guru piket yang mengkoordinir kegiatan," sampai Amelia.(rls)