PEKANBARU, GORIAU.COM - Langkah efesiensi dan penghematan uang rakyat juga didukung pejabat pemerintah di daerah. Setelah Gubenur Riau Arsyadjuliandi Rachman yang dua hari lalu resmi menggunakan mobil dinas jenis Kijang Innova, kini giliran Walikota Pekanbaru, Firdaus ST MM yang menggunakan jenis kendaraan yang sama.

Pemandangan mobil mewah jenis Lexus yang biasanya terparkir di pintu depan kantor Walikota Pekanbaru, mulai Kamis (13/11/2014) tidak akan ada lagi. Pasalnya, mulai hari ini, Walikota Pekanbaru akan menggunakan kendaraan dinas jenis Kijang Innova dan tidak lagi menggunakan mobil mewah.

Penggunaan mobil yang sederhana oleh Walikota Pekanbaru ini juga terlihat saat Walikota Firdaus MT mengunjungi lokasi SMAN 3 Pekanbaru yang terbakar dan saat pulang ke kantor Walikota di Jalan Sudirman Pekanbaru.

''Ya mulai hari ini, saya akan menggunakan mobil yang sederhana jenis Kijang Innova. Ini sesuai dengan arahan pemerintah pusat dalam rangka penghematan anggaran. Bagi saya tidak masalah, pakai Innova juga nyaman,'' ujarnya.

Sementara itu Kabag Humas Pemko Pekanbaru, Ingot Ahmad mengatakan mulai Kamis (13/11/2014), Walikota Pekanbaru sudah resmi menggunakan Kijang Innova sebagai sikap mendukung penghematan anggaran.

Saat ditanya soal mobil Lexus yang biasa digunakan, Ingot mengatakan, pihaknya masih menunggu aturan resmi. Begitu pula untuk menggunaan kendaraan mewah lainnya. ''Kita masih menyesuaikan dengan kondisi termasuk untuk kendaraan dinas di SKPD,'' jelasnya. ***