PEKANBARU, GORIAU.COM - Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI menyambut positif langkah Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, Riau yang menyediakan tempat evakuasi bagi balita berumur di bawah enam bulan di aula Kantor Walikota. Diharapkan ini menjadi contoh daerah lain dalam menyikapi dampak kabut asap di Riau.

Anggota DPD RI asal Riau H. Gaffar Usman, Rosti Uli Purba dan Maimanah Umar melakukan kunjungan khusus ke Pemko Pekanbaru, disambut Walikota H. Firdaus MT dan jajaran, Rabu (30/9/2015). Gafar Usman mengatakan hal ini layak untuk diteruskan ke Pemerintah Provinsi Riau.

"Hal ini jadi percontohan seharusnya bagi kabupaten dan kota lain yang sedang dalan kondisi bencana kabut asap. Perlu agaknya Pemerintah Provinsi Riau untuk meneruskan hal ini agar menjadi percontohan," ujar Gafar Usman.

Dijelaskan, setelah berdiskusi dengan Direktur RSUD Arifin Ahmad dr. H. Nuzelly, langkah dilakukan Pemko Pekanbaru mendirikan posko dan tempat evakuasi patut diacungi jempol. Pasalnya jika korban akibat kabut asap membludak di Kota Pekanbaru bisa dievakuasi ke tempat ini.

"Perlu dicontoh Pemko dan kabupaten lain yang terkena bencana kabut asap. Kalau urusan ke pusat biar kami DPD RI yang memperjuangkan," pungkas Gafar.(rul)