PEKANBARU - Rencana pemulangan peserta penggembira kongres HMI XXIX yang dihelat di Pekanbaru, Riau, batal. Ini disebabkan lantaran pihak panitia tidak bisa mengumpulkan bus yang seyogyanya digunakan untuk mengangkut ribuan massa Romli (rombongan liar) ini.

Kepastian ini diperoleh dari Kepolisian Resor Kota (Polresta) Pekanbaru, dimana harusnya, massa Romli dipulangkan Sabtu (28/11/2015) sore ini. "Rencana pemulangannya hari ini batal," ujar Wakapolresta Pekanbaru, AKBP Sugeng Putut Wicaksono.

Menurut keterangan koordinator pemulangan Romli, ada beberapa alasan dibatalkannya rencana itu, diantaranya pihak koordinator hanya dapat mengumpulkan dua bus saja, dari target 10 unit bus yang direncanakan di awal.

"Jadi pemulangan terpaksa diundur hingga Senin, karena tim (pemulangan) sudah koordinasi dengan beberapa PO bus dan akan disiapkan 22 unit kendaraan bus, seperti Handoyo, ALS dan perusahaan bus lainnya," sambung Wakapolresta.

Sebelumnya diberitakan, bahwa massa Romli diagendakan meninggalkan kota Pekanbaru, Sabtu sore ini, dengan 32 unit bus, melewati jalur darat hingga ke Jakarta. Sesampainya di sana, massa Romli kemudian melanjutkan perjalanan dengan menggunakan kapal ke provinsi masing-masing. ***