PEKANBARU, GORIAU.COM - Mungkin berbeda dengan pesan kepala daerah lain kepada kafilah MTQ-nya, Walikota Pekanbaru H Firdaus ST MT bukannya berpesan agar qori-qoriahnya mengejar posisi  juara dalam MTQ ke-33 Provinsi Riau di Tembilahan, tetapi malah meminta para qori dan qori'ah agar menampilkan kemampuan terbaiknya dan percaya dengan produk daera sendiri.

Hal itu diungkapkan Walikota Pekanbaru Firdaus ST MT ketika menutup dengan resmi Training Centere (TC) MTQ Pekanbaru menghadapi MTQ Provinsi Riau, Selasa malam (9/12) di Hotel Mutiara Pekanbaru sekaligus melepas dengan resmi kafilah MTQ Pekanbaru untuk berangkat menuju Tembilahan Indragiri Hilir.

Hadir dalam kesempatan itu Ketua MDI Pekanbaru yang juga anggota DPRD Kotra Pekanbaru H Tarmizi Muhammad, Ka Kemenag Edwar S Umar, para ulama dan tokoh masyarakat serta sejumlah asisten dan pejabat di lingkungan Pemko Pemko Pekanbaru.

Walikota mengingatkan kepada para qori qoriah serta official dan petugas pendamping untuk selalu mengutamakan kesehatan dan kesabaran, serta berjuang maksimal memberikan yang terbaik bagi nama baik masyarakat dan daerah Pekanbaru.

''Juara bukan tujuan utama, yang terpenting adalah bagaimana kita memiliki semangat yang kuat serta menampilkan kemampuan dan potensi terbaik yang kita miliki, mari tunjukkan bahwa kita memiliki kemampuan yang pantas diunggulkan,'' ujar walikota.

Walikota juga mewanti-wanti kepada tim yang ditunjuk agar tidak mendatangkan qori atau qoriah dari luar Riau demi untuk mendapatkan prestasi juara.

''Apapun adanya, kita tetap merekrut qori dan qoriah dari negeri kita sendiri. Kalau kita membawa atau membayar orang lain untuk menjadi duta kita dalam MTQ, kapan lagi usaha kita menjadikan masyarakat Pewkanbaru ini menjadi masyarakat yangt madani. Yang harus kita pahami masyarakt madani yang sesungguhnya adalah masyarakat yang Qur-ani,'' tutur Walikota.

Salah satu langkah menjadikan masyarakat yang madani dan Qur-ani adalah dengan sekolah mengaji dan magrib mengaji, dan salah satu buahnya adalah akan terlahirlah qori qoria, hafiz dan hafizah di Bumi bertuah ini nantinya.

''Selamat mengiktui MTQ, dan selamat menunjukan pretasi dan kemampuan yang terbaik, dan selamat meningkatkan ibadah, dan semoga Allah meridhoi harapan kita semua.Aminn,'' ujar tutup Walikota. (rls)