JAKARTA, GORIAU.COM - Kota Pekanbaru kategori kota besar, kembali merah prediket sebagai Kota besar terbaik nasional dibidang perhubungan tahun 2014 atas kesuksesan Pekanbaru dalam penertiban berlalulintas dan angkutan darat.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Walikota Pekanbaru Firdaus MT dari Mentri  Perhubungan Republik Indonesia EE Mangindaan, Rabu (10/9) dihadapan ribuan undangan yang hadir dari seluruh Indonesia, di gedung SEMSCO Convention center, Jakarta dengan disaksikan leh Kakorlantas Polri Brigjend Condro Kirono yang juga mantan Kapolda Riau.

Informasi yang diterima dari pihak Kementerian perhubungan RI di lokasi acara, bahwa penghargaan yang diterima Kota Pekanbaru adalah penghargaan tertinggi dari Kementerian Perhubungan atas komitmen Pemko dengan Dinas Perhubungan dan instansi terkait jajaran Polresta dengan  Satlantas, dalam penertiban berlalulintas serta memberikan pelayanan fasilitas perhu ungan dan angkutan darat.

"Pekanbaru adalah kota besar peraih peringkat pertama dari 6 Kota besar peraih piala WTN lainnnya di Indonesia, peringkat 2 Kota Padang, lanjut Bandar Lampung, Surakarta, Balik papan dan peringkat 6 Denpasar," ujar Humas Pantia penyelenggara.

Menteri Perhubungan RI EE Mangindaan dalam sambutanya menyampaikan bahwa WTN tersebut adalah penghargaan dari Presiden yang diserahkan oleh Menteri Perhubungan.

Selanjutnya Walikota Pekanbaru Firdaus MT yang didampingi Kapolresta Kombes Pol Robert Haryanto W. SH.SSos, MH, Kasatlantas Kompol Zulanda, Kadis Perhubungan Syafril, kepada wartawan menyampaikan rasa syukurnya bahwa saat ini Pekanbaru kembali meraih prestasi dan penghargaan dibidang lalulintas dan angkutan darat.

"Kita juga bersyukur karena Provinsi Riau tahun ini juga mendapat penghargaan Piala Wahana Tata  Nugraha  (WTN) ini, yang syaratya adalah minimal 50 persen Kabupaten Kota di provinsi mendapat pengharagaan  WTN baik Piala maupun plakat. Dan tahun ini 6 dari 12 Kabupaten Kota di Riau dapat penghargaan, Pekanbaru piala WTN Kota besar, dan disusul Dumai, Pelalawan, Rengat, Siak dan Bengkali kota sedang dan kota kecil. Selain itu menurut Walikota ada prestasi lainnya yang diterima pihak swasta di Pekanbaru yaitu Pengemudi terbaik nasional yang diraih oleh Muahmmad Fauzi supir Minas transport dari Pekanbaru," ujar Walikota.

Dalam kesempatan itu Walikota menyampaika terimakasih kepada seluruh pihak yang ikut berkomitmen dalam mewujudkan tertib berballulintas dan peduli keselamatan dan kenyamanan angkutan darat dan angkutan umum di Kota Pekanbaru.

"Sekarang kita dapat peringkat pertama kategori Kota besar, dan kita akan bisa mendapatkan WTN Kencana apabila 5 kali berturut-turut mendapatkan pengharagaan WTN ini. Tapi satu hal yang perlu diingat bahwa penghargaan ini bukanlah tujuan. Tapi  yang menjadi tujuan kita adalah bagaimanan menicptakan lalulintas yang tertib, serta peningkatan kesadaran masyarakat dalam tertib berlalulintas, serta kepedulian semua kalangan dan masyarakat luas akan kenyamanan angkutan darat baik prbadi maupun maupun umum dengan fasilitas perhubungan jalan yang kita benahi semakin baik dari waktu ke waktu. Sekali lagi terimakiash kepada Polres dan jajarannya, Dinas perhubungan serta seluruh pihak dan masyarakat Kota Pekanbaru. Ini prestasi kita  bersama. Mari kita bangun sarana transportasi yang nyaman, aman , murah, dan ramah lingkungan," ujar Walikota.

Informasi lain yang diterima dari Kabag Humas Pemko Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut, bahwa Piala WTN ini akan sampai di Pekanbaru, Kamis (11/9) yang akan dibawa langsung oleh Wakil Walikota, dan akan disambut  di Bandara Sultan Syarif Kasim II, selanjutnya diarak  dan pawai  menyusuri Jalan Sudriman hingga U-Turn Juanda, dan putar balik ke kantor Walikota.

"Proses penyambutam dan penyerahan Piala WTN ini akan kita pusatkan di halaman kantor walikota, yang akan diserahkan Wakil Walikota kepada Ketua DPRD Kota Pekanbaru," ujar Ingot.(rls)