PEKANBARU, GORIAU.COM - Kabar menggembirakan bagi masyarakat Kota Pekanbaru. Terutama bagi mereka yang belum mendapatkan atau memiliki rumah, bisa mengajukan diri untuk mendapatkannya.

Sebanyak 250 unit RLH siap direalisasikan kepada miskin dengan syarat memiliki lahan untuk dibangun. Seluruhnya akan dibangun dan direalisasikan di 12 kecamatan yang ada di Kota Pekanbaru.

Mengenai bentuk rumah yang akan direalisasikan, Kepala Dinas Cipta Karya Kota Pekanbaru, Dadang Purwanto, menjelaskan, ada dua tipe rumah yang akan dibangun nantinya.

"Pertama rumah biasa dan rumah dengan panggung. Untuk rumah biasa dianggarkan sebesar Rp50 juta per unitnya, sementara untuk rumah panggung sebesar Rp60 juta per unitnya," kata Dadang.

Pengadaan Rumah Layak Huni merupakan program tahunan Pemko Pekanbaru setiap tahunnya. Untuk tahun ini, dari 250 unit rumah yang akan direalisasikan, 200 diantaranya untuk rumah biasa dan 50 lainnya berupa rumah panggung.

Program ini akan diserahkan kepada Organisasi Masyarakat Setempat (OMS) di masing-masing kecamatan. Namun saat ini OMS masih dalam pembentukan.(rul)