PEKANBARU, GORIAU.COM - Meski sudah pernah merasakan dinginnya tembok jeruji besi, tak membuat Febrianto Ramadhan alias Colo (18), berhenti berbuat kejahatan di Kota Pekanbaru. Sejak keluar penjara tahun 2013 lalu, anak kandung Sumardirjo alias Klewang ini sudah beberapa kali membongkar rumah warga.

Terakhir, Colo melakukan pencurian di rumah Ahmad Faizal (35), warga Perumahan Puri AIr Dingin Blok A nomor 1, Kelurahan Simpang Tiga, Kecamatan Bukit Raya, Pekanbaru. Korban melaporkan telah kehilangan televisi pada 19 Oktober 2014, ketika itu korban meninggalkan rumah pukul 08.00 WIB.

Ketika pulang pukul 13.00 WIB, korban mendapati jendela rumahnya rusak. Setelah diperiksa, beberapa barang berharga hilang dengan kerugian Rp3 juta. Ia pun melaporkan kejadian ini ke Polsek Bukit Raya.

Atas laporan itu, jajaran Polsek Bukit Raya melakukan penyelidikan dan memeriksa beberapa saksi. Akhirnya, pada Rabu (29/10/2014), tersangka ditangkap di Jalan Karya II, Kelurahan Simpang Tiga, Kecamatan Bukit Raya.

"Ketika ditangkap, dia lagi berada di rumah temannya," ujar Kapolsek Bukit Raya Kompol Dalizon melalui Kanit Reskrim Iptu Arry Prasetyo, SH MH, Kamis (30/10/2014).

Dari penangkapan tersebut, lanjut Arry, pihaknya menyita sebuah kotak TV LCD dan sepasang sendal sebagai barang bukti. Pelaku yang tinggal di Jalan Nusa Indah, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar ini, juga mengakui telah melakukan pencurian di rumah Ahmad Faizal.

"Selain mengakui itu, tersangka juga mengaku telah mencuri di dua lokasi berbeda sebelumnya. Pertama, di Jalan Muhajirin dan Jalan Karya," jelas Arry. Di Jalan Muhajirin, Colo menggondol komputer LCD dan laptop merk Benze, sedangkan di Jalan Karya, tersangka mengambil 2 unit note book dan sebuah gitar.

Saat ini, residivis kasus perampasan sepeda motor itu mendekam di Mapolsek Bukit Raya. Ia dikenakan Pasal 363 KUHP tentang Curat dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara. "Kami terus melakukan pengembangan, sebab tersangka beraksi tidak sendirian," ujar Arry.

Untuk diketahui, Colo merupakan putra dari Klewang, ketua geng motor di Pekanbaru yang saat ini sedang menjalani hukuman di Lapas Pekanbaru.san