PEKANBARU - Masyarakat Siak Hulu, Kabupaten Kampar-Riau, bakal disuguhkan atraksi terjun payung dari prajurit Batalyon Komando (Yonko) 462 Pasukan Khas (Paskhas) AU Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Kamis (4/2/2016) pagi besok.

Aksi terjun payung itu, informasinya bakal melibatkan sekitar 110 orang prajurit dari Yonko 462 Paskhas AU, yang terkenal sangat mumpuni. "Ini latihan penerjunan penyegaran statik dan free fall," sebut Kepala Penerangan Lanud Roesmin Nurjadin, Mayor Sus Rizwar, Rabu (3/2/2016) sore.

Sesuai rencana, ratusan prajurit ini akan diterbangkan dengan Pesawat Hercules C/130 dari Lanud Roesmin Nurjadin, Kamis pagi sekitar pukul 06.30 WIB. Selanjutnya mereka dibawa terbang hingga ke Desa Baru, Siak Hulu dan melakukan aksi terjun tempur disana.

"Untuk pendaratannya dan dropping zone (DZ), rencananya berlokasi di Lapangan Torganda, Desa Baru Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. Sekarang kita tengah persiapan lipat payung dan pengarahan tekhnis," jawabnya kepada GoRiau.com.

Adapun latihan terjun besok pagi, terdiri dari dua kategori yakni penerjunan statik dengan ketinggian sekitar 1.500 kaki dan penerjunan free fall dengan lokasi lompatan yang jauh lebih tinggi, yakni sekitar 4.500 kaki di langit.

Selain perbedaan ketinggian, dua kategori penerjunan ini juga memiliki perbedaan signifikan lainnya, termasuk dari payung (parasut) yang digunakan para prajurit, dimana untuk terjun statik menggunakan parasut bundar dan terjun free fall berparasut persegi panjang.

"Kalau terjun statik lebih kepada terjun tempur. Secara tekhnis, posisi pesawat yang terbang rendah dalam operasi penerjunan punya tujuan simulasi penyergapan cepat. Kalau Free Fall lebih kepada reaksi penyergapan sasaran," beber Mayor Rizwar. ***