PEKANBARU, GORIAU.COM - Satu unit rumah bulatan di jalan Kayu Manis RT 01/ RW 01, kelurahan Tampan kecamatan Payung Sekaki, yang ditinggal penghuninya bekerja, rata dengan tanah usai terbakar hebat, Rabu (20/5/2015) sore, sekitar pukul 14.45 WIB. Warga tak sempat menyelamatkan harta benda, lantaran api dengan cepat merembet ke bangunan yang mayoritas terbuat dari kayu.

Dua unit mobil pemadam kebakaran Pemko Pekanbaru diturunkan memadamkan kobaran api, supaya tidak merembes ke bangunan disekitarnya yang cukup berdekatan. Dengan dibantu warga, api bisa dengan cepat diatasi. Namun sayang, lantaran rumah terbuat dari kayu, maka warga tak sempat menyelamatkan satupun harta benda.

"Saya lagi jualan didepan, lalu ada warga belakang yang teriak kebakaran. Kami lari melihat, rupanya api sudah besar. Kami sama-sama padamkan dengan alat seadanya," tutur pemilik rumah bernama Mulyono (48).

Rumah tersebut, sambungnya, sedang dalam keadaan kosong ditinggal penghuni, dimana sebagian ada mahasiswa dan juga pekerja swasta. "Mereka ngekos disini. Kebetulan sedang ditinggal bekerja," kisahnya kepada GoRiau.com.

Sempat pula, ada ledakan yang diduga berasal dari tabung gas epliji tiga kilogram. Sekitar 20 menit berselang, api akhirnya bisa dijinakkan petugas Damkar. "Akses masuk cukup sulit, karena berada di dalam kawasan gang. Kita turunkan dua unit Damkar, dan api berhasil dipadamkan," kata Kepala Badan Penanggulangan Kebakaran Kota, Burhan Gurning di lokasi.

Sementara itu, Kapolsek Payung Sekaki, AKP N.M Marbun mengungkapkan, akibat kebakaran ini, pemilik rumah mengalami kerugian sekitar Rp10 juta. Asal api, sambungnya, diduga akibat arus pendek. "Rumah ini dihuni tiga orang,Yaitu Ijal, Wawan dan Bronson. Mereka tidak sedang berada di rumah," tukasnya kepada GoRiau.com.

Beberapa jam sebelum ini, Dua unit rumah bulat di jalan Yos Sudarso gang Jaya Ujung RT 02 RW 05 Meranti Pandak, Rumbai Pesisir, juga ludes dilalap si jago merah. Penyebabnya juga sama, lantaran korsleting arus pendek. Kebetulan, rumah itu juga sedang ditinggalkan penghuninya.(had)