PEKANBARU, GORIAU.COM - Kabut asap di wilayah Riau telah dipastikan berbahaya dan mengganggu kesehatan. Menyikapi hal tersebut, sebagai bank daerah, Bank Riau Kepri ikut peduli dengan membagikan masker ke sekolah-sekolah yang ada di Riau dan Kepulauan Riau.

Di Pekanbaru sendiri, melalui corporate secretary, Bank Riau Kepri membagikan 10.000 masker ke lima sekolah yang berada di Pekanbaru. Masing-masing SMA Negeri 1, SMA Negeri 8, SMK Negeri 4, SMK Masmur dan SMP Negeri 4.

"Totalnya ada 10.000 masker yang kita bagikan. Dan ini baru awal yang kita berikan. Kalau memang nantinya semakin parah, tetapi itu juga tidak kita inginkan. Kita akan menambah lagi dan bukan saja kesekolah-sekolah, tetapi bisa ke masyarakat lainya," jelas Direktur Utama (Dirut) BRK DR Irvandi Gustari, Rabu (2/9/2015).

Ditambahkanya, program tersebut adalah bentuk kepedulian Bank Riau Kepri terhadap lingkungan. Menurut Irvandi, pada prinsipnya adalah kewajiban perusahaan untuk peduli terhadap lingkungan tempat usaha untuk ikut mencari solusi jika ada permasalahan dilingkungan tersebut.

"Kita adalah bank tuan rumah. Jadi kita harus peduli dengan permasalahan yang ada di rumah kita. Kalau tidak siapa lagi?," teranya. "Kita ini ada karena masyarakat Riau dan Kepulauan Riau. Jadi kalau ada masalah dengan masyarakat, tentu kita harus ikut mencarikan solusi," tambahnya.

Irvandi mengakui, saat ini pembagian masker baru dilakukan di Pekanbaru. Sebab, menurutnya baru Pekanbaru sebagai tempat terparah akan musibah kabut asap dibanding wilayah lain, termasuk di Kepulauan Riau.

Pemilihan tempat pertama adalah sekolah, sebab sekolah adalah lembaga atau struktur yang mewajibkan untuk orang hadir. Sehingga masker dirasakan sangat perlu. "Apalagi mereka itu masih muda. Mereka penerus bangsa. Dengan pemberian masker minimal dapat meminimalisir dampak dari kabut asap. Yang mungkin nanti setelah lima tahun baru dapat mereka rasakan," tegasnya.

Salah satu perwakilan pihak sekolah, guru SMA Negeri 1 Pekanbaru Amril mengucapkan terimakasih dengan bantuan masker yang diberikan Bank Riau Kepri. Pastinya dengan penggunaan masker oleh guru dan siswa, menurutnya dapat mengurangi dampak yang ditimbulkan oleh kabut asap.

"Kami tentunya sangat berterimkasih dengan pemberian masker oleh Bank Riau Kepri. Guru dan siswa dapat menggunakanya saat keluar ruangan. Meski kami telah menghimbau untuk mengurangi aktifitas di luar ruangan. ((rls)