PEKANBARU - Puluhan kendaraan, baik roda dua maupun roda empat, terjaring razia di ruas Jalan Yos Sudarso, Pekanbaru, Riau, Selasa (24/5/2016) pagi. Meski sudah sering jadi lokasi razia, para pelanggar nyatanya masih didominasi tak pakai helm, memakai pelat modifikasi hingga tidak membawa SIM dan STNK.

Pantauan GoRiau.com, ada puluhan kendaraan sudah terjaring razia. Padahal razia baru saja digelar sekitar pukul 09.00 WIB. Ada yang tidak memakai spion, tidak membawa surat kendaraan, tidak menggunakan helm (penumpang), tidak menyalakan lampu utama dan banyak lagi.

Kali ini, polisi lebih pintar menyisiasati adanya kemungkinan pengendara yang mutar arah, yaitu dengan menyebar dan menempatkan petugas dalam radius 300 meter. Walhasil, kali ini pengendara tak bisa lagi kucing-kucingan, atau berhenti menunggu razia selesai.

Selain itu, ada beberapa mobil yang TNKB-nya dimodifikasi ikut terjaring razia tersebut. Rata-rata didominasi mobil mewah. Sebagian yang terjaring berusaha melobi aparat supaya tidak disanksi, namun upaya ini sia-sia. Lalu seperti biasa, ada pula yang menelpon keluarganya.

Sampai berita ini diturunkan, razia dalam operasi Patuh Siak 2016 tersebut masih berlangsung. Belum diketahui sudah berapa puluh kendaraan yang kedapatan melanggar aturan. ***