JAKARTA, GORIAU.COM - Menindaklanjuti pertemuan dengan jajaran Kementerian ESDM dan manajemen PLN serta PGN beberapa waktu lalu terkait rencana pembangunan Pembangkit Listrik tenaga gas dalam mengatasi  krisis Listrik di Kota pekanbaru, Walikota Pekanbaru Firdaus ST MT melakukan kunjungan resmi ke kantor Perusahaan Gas Negara, Selasa (18/11) di Jakarta.

Dalam pertemuan yang dipimpin oleh Commercial Director  & COO PGN Pusat Jobi Triananda tersbut,  Walikota Pekanbaru Firdaus ST MT menyapaikan keinginan  dan komitmen untuk bekerjasama dengan PGN dalam  penyedian bahan bakar gas untuk pembangkit listrik tenaga gas di Pekanbaru. Keinginan Walikota tersebut  mendapat dukungan penuh dari pihak PGN pusat.

Bahkan Jobi menyampaikan bahwa jalinan kerjasama akan segera ditindak lanjuti baik secara administrasi maupun secara teknis.

''Kita akan bersama-sama dengan Pemko Pekanbaru menyurati Kementrian ESDM dan bahkan Presiden agar disediakan alokasi gas untuk pembangkit listrik di Pekanbaru, karena dari pemaparan Walikota Pekanbaru kita melihat betapa pesatnya perkembangan Kota yang sudah tentu harus diiringi ketersediaan kebutuhan dasar suatu kota yang salah satunya adalah ketersediaan listrik,'' ujar Jobi.

Jobi yang didampingi sejumlah pejabat PGN tersebut mengaku sangat kagum dengan perkembangan Kota Pekanbaru dan lebih mengagumi lagi dengan konsep, gagasan serta program dan implemntasi Walikota pekanbaru dalam mewujudkan Kota Pekanbaru sebagai Kota Metropolitan yang Madani.

''Program pembangunan dan pengembangan Kota yang dirancang dan sudah dimulai saat ini sangat luar biasa, ini yang membuat kita merasa tertarik untuk terlibat langsung mewujudkan rencana dan pekerjaan besar tersebut,'' ulas Jobi.

Sementara itu Walikota Pekanbaru Firdaus ST MT mengaku sangat gembira dengan dukungan yang diberikan oleh manajemen PGN pusat terhadap rencana pembangunan  PLTG Pekanbaru sebagai upaya mengatasi kekurangan listrik di Pekanbaru saat ini.

''Salah satu alasan penting dibalik upaya pembangunan PLTG di Pekanbaru  adalah untuk mengantisipasi  besarnya kebutuhan listrik dari pesatnya pertumbuhan pendudukan dan pembangunan  kota terlebih lagi saat ini Pemko Pekanbaru sudah mengeluarkan izin  bangunan berskala besar yang akan menyerap energy listrik dengan kapasitas berskala  besar,'' ungkap Walikota.

Ditambahkan Walikota bahwa Pekanbarus sebagai kota investasi memiliki peluang besar untuk terus berkembang baik sektor ekonomi maupun infrastruktur. Dengan demikian perlu adanya komitmen nyata yang harus segera direalisasikan oleh Pemko Pekanbaru sebagai langkah awal dalam proses penyediaan kebutuhan masyarakat secara regional.

''Saat ini Riau mengalami kekurangan  daya listrik 520 MW, Pekanbaru adalah daerah yang tertinggi menyerap kebutuhan listrik di Riau, maka kita mencoba mencari berbagai alternatif mengatasi kekurangan tersebut, nah rencana pembangunan PLTG tersebut  diperkirakan mampu menghasilkan 200 hingga 300 MW, hal ini akan sangat membantu pembangkit listrik Teluk lembu yang memiliki kapasitas 200 MW,'' ujar Walikota.

Maka menurut Walikota, komitmen yang ditunjukan oleh PGN pusat,  menjadi harapan yang sangat besar terwujudnya pembangunan PLTG itu nantinya.

''Kita dengan PGN sudah sepakat menindaklanjuti proses dan kerjasama ini baik secara administrasi maupun secara teknis. Semoga ke depan Pekanbaru tidak mengalami kekurangan listrik,'' harap Walikota. (rls)