PEKANBARU, GORIAU.COM - Kepolisian Daerah (Polda) Riau, menyebar 250 ribu maklumat dan 120 spanduk, terkait himbauan pencegahan pembakaran lahan dan hutan (Karlahut) di provinsi Riau. Selain itu, Polda Riau juga bekerjasama dengan balai diklat Kementrian kehutanan, dengan mengadakan pencegahaan penanggulangan Karlahut berbasis masyarakat.

Direktur Pembinaan Masyarakat (Dirbinmas) Polda Riau, Kombes Sugiono, Jumat (31/7/2015) menjelaskan, 250 ribu maklumat ini dalam rangka giat pencegahan pembakaran lahan di Riau. "Kita juga memasang baliho dan spanduk sebanyak 10 buah disetiap Polres (total 120 buah). Lokasinya di area keramaian dan lahan kosong," urainya di ruangan.

Sehingga dengan itu lapisan masyarakat, Babhinkamtibmas, Kades dan masyarakat peduli api (MPA) bisa saling bekerjasama untuk mencegah dan memadamkan titik api. "Apabila ada kebakaran, maka Babhinkamtibmas, MPA dan masyarakat bisa segera melakukan pemadaman," terangnya.

Upaya lainnya, sambung Sugiono, Polda Riau juga bekerjasama dengan balai Diklat Kementrian kehutanan untuk mengadakan pencegahaan penanggulangan Karlahut berbasis masyarakat. Maka tiap kabupaten mengirim utusan sebanyak 70 orang untuk diajarkan cara memadamkan api.

"Sudah kita terapkan sejak Februari 2015 lalu. Sudah ada enam angkatan. Mereka ini ditunjuk oleh setiap kecamatan. Sekarang sudah ada total 420 orang. Tujuannya, sebelum terjadi bencana kebakaran, kita sudah melakukan aksi dan memberi pelatihan," tutup Sugiono. (had)