PEKANBARU, GORIAU.COM - PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk (SAT) sebagai pengelola Alfamart pada tahun 2014 secara nasional sedikitnya akan menyerap 63.253 tenaga kerja. Hal ini dilakukan untuk mendukung kebutuhan tenaga kerja karena ekspansi perusahaan.

Hingga Juni 2014, perusahaan telah membuka cabang dan gudang baru di wilayah Karawang, Gunung Sindur dan Kota Bumi untuk melayani pengiriman barang ke toko-toko di wilayah tersebut.

"Saat ini expansi perusahaan akan melebar di wilayah luar Pulau Jawa. Kebutuhan untuk cabang baru rata-rata di awal membutuhkan 409 orang per cabang. Jumlah ini akan bertambah seiring pertumbuhan toko" ungkap Corporate Communication General Manager PT SAT, Nur Rachman.

Menurutnya, pembukaan kantor cabang dan gudang akan memberikan dampak positif bagi masyarakat di daerah, salah satunya dalam penyerapan tenaga kerja. "Kami akan lakukan pemenuhan Sumber Daya Manusia (SDM), tentunya kami utamakan bagi masyarakat lokal. Hingga Maret 2014, perusahaan telah menyerap 91.060 karyawan yang tersebar di seluruh Indonesia" ungkapnya.

Branch Manager SAT Pekanbaru,Sulardi, mengatakan perusahaan pada Maret 2014 telah menyerap 1.415 tenaga lokal. "Ini terdiri dari karyawan kantor, operasional dan gudang. " ungkapnya. Sulardi menjelaskan, kendala perusahaan dalam memenuhi SDM terletak pada kesulitan mencari tenaga kerja yang berkompeten di bidang industri ritel.

"Untuk mengatasi kondisi ini kami memberikan pelatihan secara berkelanjutan, selain itu perusahaan menjalankan Program Alfamart Class, yakni penyusunan materi pendidikan di bidang ritel bagi Sekolah Menegah Kejuruan (SMK), agar setelah lulus nanti mereka siap kerja dan memiliki berkompetisi di industri ritel. Lulusan Alfamart Class, dipastikan langsung dapat bekerja di perusahaan kami," jelasnya.

Sementara itu, untuk menjaga loyalitas para karyawan, manajemen memberikan penghargaan bagi para karyawan berprestasi. Pengumuman karyawan berprestasi dilaksanakan pada setiap tahunnya.

"Pada tahun ini kami memberikan penghargaan kepada 16 orang karyawan cabang Pekanbaru yang dianggap berdedikasi dan dinilai berprestasi. Penilaian dilakukan berdasarkan pada beberapa indikator, antara lain kedisiplinan, produktivitas," ucapnya.

Masing-masing karyawan mendapatkan apresiasi berupa sejumlah uang tunai dan sertifikat. Penghargaan ini bertujuan untuk memacu karyawan agar bekerja dengan maksimal, bersaing dengan sehat sehingga lebih produktif.(rls/adi)