PEKANBARU - Hingga hari ini, Jumat (24/6/2016), aktifitas angkutan di terminal bus Bandar Raya Payung Sekaki Pekanbaru di Jalan Tuanku Tambusai masih terlihat normal. Belum ada penumpukan penumpang maupun lonjakan arus mudik lebaran Idul Fitri 1437 H.

Kepala Terminal BRPS Pekanbaru, Bambang Hermanto mengatakan, sejauh ini arus mudik masih lancar dan normal. Hal ini kemungkinan ada beberapa faktor penyebab sepi kendaraan.

"Pertama saat ini berpengaruh musim jadwal pendaftaran sekolah. Sehingga orangtua memilih untuk tidak terlalu membelanjakan uang yang ada dengan bepergian, sebab mesti memperioritaskan kebutuhan anak masuk sekolah," kata Bambang.

Tidak hanya itu, mulai banyaknya keluarga yang memiliki kendaraan sendiri juga menyebabkan angka penumpang di terminal turun.

"Kemudian angkutan pribadi cukup banyak yang membuat penumpang menggunakan transportasi umum berkurang," sebutnya.

Bambang juga menilai, harga tiket pesawat saat ini relatif masih murah, menyebabkan ada migrasi penumpang dari sebelumnya memakai angkutan darat sudah memilih udara untuk jadi alternatif pilihan mudik. Seperti rute Pekanbaru ke Medan harga tiket bus dan pesawat selisihnya hanya berkisar Rp100 ribu.

"Kalau pakai pesawat ke Medan tidak perlu lama di jalan, sampai satu jam. Kalau pakai bus bisa delapan jam. Makanya tidak dipungkiri ada yang beralih naik pesawat," ungkapnya.

Meski demikian berkaca tahun sebelumnya, lonjakan penumpang akan terasa sepekan jelang lebaran atau minggu depan. "Kami prediksi H-5 kemungkinan ada lonjakan," tutupnya. ***