PEKANBARU, GORIAU.COM - Riau sudah memiliki modal menyambut perhelatan multiiven Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Tahun 2016 di Jawa Barat. Pasalnya, 7 atlet Riau sudah dipastikan lolos dan langsung turun di multiiven 4 tahunan tersebut.

Ketujuh atlet tersebut berprestasi di SEA Games 2015 Singapura, baik mengantongi medali maupun catatan waktu yang mencukupi untuk standar keikutsertaan di PON XIX Jawa Barat.

Anggota Bidang Pembinaan Prestasi (Binpres) KONI Riau, Ridaswin Kamis (2/7/2015), di Pekanbaru, menjelaskan ketujuh atlet tersebut terdiri dari 3 cabang olahraga yakni Atletik (4), Terbang Layang (2), Pencak Silat (1).

Dari atletik ada Hernius di nomor 800 meter, Yanita Sari Lari di lari 10.000 meter dan Gamasi di nomor 3.000 meter STC dan Sulastri di lempar cakram.

Dua atlet terbang layang yang lolos adalah Lilik Endang Jerwati dan Dani Agus Prasetio. Selanjutnya Pencak Silat atlet yang lolos PON adalah Tri Juwanda.

"Dua atlet terbang layang ini lolos untuk dua nomor. Untuk nomor Mix Precesion Landing SGU (2-22) keduanya lolos. Kemudian untuk nomor Durating Flight Sgu 2.22 yang lolos hanya Lilik Endang Jerwati," ujar Ridaswin.

Kemungkinan atlet Riau yang lolos PON kata Ridaswin lagi, akan terus bertambah, pasalnya pada bulan Agustus nanti ada sekitar 8 cabor yang akan melaksanakan Pra PON.

"Lalu bulan September nanti ada sekitar 19 cabor dan ditambah Porwil. Jadi pasti atlet kita lolos PON bertambah banyak," pungkas Ridaswin.***