PEKANBARU, GORIAU.COM -Sebanyak 260 orang siswa dari keluarga ekonomi lemah menerima bantuan pendidikan. Bantuan yang berasal dari zakat profesi guru, pengawas sekolah dan pegawai negeri di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru tersebut diserahkan langsung Walikota Pekanbaru FIrdaus, MT didampingi Kadis Pendidikan Zulfadil, Jumat (31/10/2014) di aula Kantor Walikota.

"Semoga dengan zakat profesi ini, mampu mengatasi permasalahan kesenjangan sosial masyarakat yang kurang mampu," ujar Firdaus sesaat sebelum penyerahan bantuan.

Dalam penyaluran zakat profesi ini, 243 orang merupakan siswa SD, lima siswa SMP, 10 siswa SMA dan dua siswa SMK serta tiga orang masyarakat kurang mampu. "Sejauh ini, sudah 2.460 siswa yang mendapat bantuan dari zakat profesi ini," kata Firdaus.

Untuk murid SD, mendapat bantuan sebesar Rp750 ribu per siswa. Sedangkan untuk tingkat SMP, setiap anak diberi bantuan sebesar Rp1 juta dan untuk SMA sebesar Rp1,25 juta.

Selain memberikan beasiswa yang berasal dari zakat profesi, Pemko Pekanbaru juga memberikan beasiswa permanen untuk siswa yang berprestasi. "Dengan ini, semoga biaya pendidikan mereka dapat terpenuhi," katanya.

Menurut Firdaus, selama ini Pemko Pekanbaru rutin memberikan bantuan kepada masyarakat dari berbagai program, seperti Pekanbaru Peduli. Dimana, Pemko Pekanbaru langsung memberikan bantuan logistik kepada masyarakat kurang mampu.

"Ada juga namanya Pekanbaru Makmur, dimana kita menyalurkan bantuan kepada saudara kita yang ingin berusaha untuk meningkatkan ekonomi keluarga supaya keluar dari kemiskinan," jelas Firdaus.san